Implementasi Sistem Informasi Akuntansi Pada Bantuan Langsung Tunai Dana Desa di Kantor Desa Karangpring, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember.

Rohmah, Ulfatur (2024) Implementasi Sistem Informasi Akuntansi Pada Bantuan Langsung Tunai Dana Desa di Kantor Desa Karangpring, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Khas Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Ulfatur Rohmah Watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Ulfatur Rohmah, Dr. Nikmatul Masruroh, S.H.I., M.E.I, 2024 : “Implementasi Sistem Informasi Akuntansi Pada Bantuan Langsung Tunai Dana Desa di Kantor Desa Karangpring, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember”.

Sistem Informasi Akuntansi merupakan kumpulan sumber daya yang dirancang untuk mentransformasikan dan menjadi informasi. Sistem Informasi Akuntansi berguna untuk pengambilan keputusan pada suatu lembaga. Di Kantor Desa Sistem Informasi Akuntansi ini dibutuhkan untuk pengambilan keputusan yang berkaitan dengan nominal jumlah Dana Desa yang harus dikeluarkan untuk disalurkan kepada masyarakat sebagai Bantuan Langsung Tunai Dana Desa, dan berapa banyak jumlah penerima bantuan tersebut.
Berdasarkan pemaparan latar belakang masalah di atas, maka penulis merumuskan beberapa permasalahan yang menarik untuk dikaji dan dianalisis, di antaranya : 1) Bagaimana prosedur pembagian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa di Kantor Desa Karangpring, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember?, 2) Bagaimana implementasi Sistem Informasi Akuntansi pada Bantuan Langsung Tunai Dana Desa di Kantor Desa Karangpring, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember?.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali atau mencari data dan informasi yang berhubungan dengan Implementasi Sistem Informasi Akuntansi Pada Bantuan Langsung Tunai Dana Desa di Kantor Desa Karangpring, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember. sesuai dengan permasalahan yang telah dikemukakan, tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan prosedur pembagian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa di Kantor Desa Karangpring, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember. 2) Mendeskripsikan implementasi Sistem Informasi Akuntansi pada Bantuan Langsung Tunai Dana Desa di Kantor Desa Karangpring, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember.
Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Pengambilan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan deskriptif dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian yang didapatkan adalah 1) Prosedur pembagian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa di kantor Desa Karangpring telah dilaksanakan dengan baik namun kurang efektif. Dikatakan demikian karena di Kantor Desa Karangpring Kasi Kesejahteraan juga berperan sebagai opeator Desa yang tugasnya untuk melakukan input data yang berkaitan dengan keuangan Desa. Sehingga terjadi double tanggungjawab yang memungkinkan Kasi Kesejahteraan untuk kewalahan dalam melakukan tugasnya dan hasilnya kurang maksimal. 2) Implementasi Sistem Informasi Akuntansi pada Bantuan Langsung Tunai Dana Desa di Kantor Desa Karangpring telah sesuai dengan teori Sistem Informasi Akuntansi yang ada.

Kata Kunci : Implementasi, Sistem Informasi Akuntansi, Bantua langsung tuni dana desa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080611 Information Systems Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Mrs Ulfatur Rohmah
Date Deposited: 08 Jul 2024 03:13
Last Modified: 08 Jul 2024 03:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35927

Actions (login required)

View Item View Item