Implementasi Perlindungan Konsumen atas Jasa Catering Menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Dan Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Pada Jasa Catering Rumah Makan Barokah Di Kampus Universitas Jember)

APRILIA KARIMAH, - (2020) Implementasi Perlindungan Konsumen atas Jasa Catering Menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Dan Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Pada Jasa Catering Rumah Makan Barokah Di Kampus Universitas Jember). Undergraduate thesis, Fakultas Syariah Jurusan Syariah Program Studi Hukum Ekonomi Syariah.

[img] Text
APRILIA KARIMAH_S20162038.pdf

Download (1MB)

Abstract

Aprilia Karimah, 2020 : Implementasi Perlindungan Konsumen atas Jasa Catering Menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Dan Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Pada Jasa Catering Rumah Makan Barokah Di Kampus Universitas Jember) Kata Kunci: Perlindungan Konsumen, Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999, Jasa Catering, Etika Bisnis Islam Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pengetahuan masyaraakat terhadap pentingnya hukum perlindungan konsumen. Hubungan pelaku usaha dengan konsumen saling berikatan yang berbentuk perjanjian. Meningkatkan pelayanan jasa catering pada saat ini, sangatlah mempengaruhi perekonomian di sekitarnya. Dengan adanya Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Perlindungan Konsumen sangatlah penting dalam melakukan penerapan hukum perlindungan konsumen dalam sebuah usaha pelayanan jasa catering.Peluang pada jasa catering saat ini berkembang sangat pesat, terutama pada jasa catering dikalangan Rumah Makan di sekitar Kampus Universitas Jember. Dengan maraknya para pelaku usaha catering,tentu tidak lepas juga dari adanya masalah atau problem yang dilakukan oleh pelaku usaha jasa catering, sehingga ada pemaparan kasus dari tiga konsumen Rumah Makan Barokah Universitas Jember. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu: 1.) Bagaimana perlindungan konsumen atas jasa catering Rumah Makan Barokah Di Kampus Universitas Jember? 2.Bagaimana implementasi Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen pada jasa catering Rumah Makan Barokah Di Kampus Universitas Jember? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implemantasi Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen pada jasa catering Rumah Makan Barokah Di Kampus Universitas Jember. Metode penelitan yang digunakan ialah kualitatif dan jenis penelitian merupakan deskriptif. Peneliti menggunaka metode penelitian observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta lokasi penelitian di Kalimantan 1 Gang Citra Jember Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaku usaha pada pelayanan jasa catering Rumah Makan Barokah di Kampus Universitas Jember masih belum menerapkan sepenuhnya hukum perlindungan konsumen berdasarkan Undang- Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Serta tidak hanya pelaku usaha jasa catering yang melakukan kesalahan ataupun kelalaian akan tetapi konsumen pada jasa catering juga melakukan kesalahan dan kelalaiannya, dikarenakan kurangnya pengetahuan terkait hukum pelindungan konsumen antara pelaku usaha dan konsumen sehingga terjadinya tidak keseimbang para pihak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 21 Mar 2022 07:10
Last Modified: 21 Mar 2022 07:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3593

Actions (login required)

View Item View Item