Analisis Aktivitas Dan Prestasi Belajar Biologi Siswa Pada Sekolah Berbasis Pondok Pesantren di SMA Plus Bustanul Ulum Puger Kabupaten Jember

Maula, Zian Atiqotul (2024) Analisis Aktivitas Dan Prestasi Belajar Biologi Siswa Pada Sekolah Berbasis Pondok Pesantren di SMA Plus Bustanul Ulum Puger Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-018-TADRIS-BIO-2024)
bismillah full skripsi zian fikssssss amiin baru.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (26MB)

Abstract

Kata Kunci: Aktivitas, Prestasi Belajar, Pondok Pesantren.
Pesantren sebagai lembaga pendidikan yang mempunyai intensitas tinggi
dalam menciptakan, membekali, dan menyiapkan kader-kader santri dengan
menerapkan berbagai aktivitas selama 24 jam dengan tujuan agar menciptakan
alumni yang berakhlakul karimah dan dapat bergaul dengan masyarakat di
lingkungannya. Aktivitas yang padat pada pondok pesantren tentu berhubungan
dengan Prestasi belajar yang dihasilkan.
Fokus Penelitian ini adalah Bagaimana aktivitas belajar siswa pada
sekolah berbasis Pondok Pesantren di SMA Plus Bustanul Ulum Puger Kabupaten
Jember dan Bagaimana Prestasi belajar biologi siswa pada sekolah berbasis
Pondok Pesantren di SMA Plus Bustanul Ulum Puger Kabupaten Jember.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan
jenis studi kasus karena penelitian ini terfokuskan pada kasus tertentu untuk
diamati dan dianalisis. Adapun lokasi penelitian yang dipilih yakni di SMA Plus
Bustanul Ulum Puger. Subjek penelitian yang digunakan adalah kepala sekolah
yaitu Bapak Syafiudin, guru biologi yaitu Ibu Salun Nafiah dan siswa di SMA
Plus Bustanul Ulum Puger yaitu Rafda, Indah, Levina, Iffatun dan Devi dengan
menggunakan Teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data
yang digunakan adalah data kualitatif Model Miles dan Huberman yang terdiri
dari 4 tahapan, yaitu Data Collection, Data Condensation, Data Display, dan
Conclusion Drawing atau Verification.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, Aktivitas siswa di SMA
Plus Bustanul Ulum sesuai pada 8 nilai aktivitas dalam pembelajaran yang
berhubungan dengan Prestasi belajar yaitu Nilai Kreativitas, Nilai Kemandirian,
Nilai Kerjasama, Nilai Minat Siswa, Nilai Kedisiplinan, Nilai Komunikasi, Nilai
Berpikir Kritis, dan Nilai Adaptasi Siswa. Kedua, Prestasi belajar siswa di SMA
Plus Bustanul Ulum sesuai pada ranah kognitif, afektif, dan psikomorik. Terbukti
bahwa siswa memperoleh nilai akhir ulangan Semester Ganjil 2023/2024 dengan
interprestasi baik dan berhasil mendapatkan kejuaraan olimpiade biologi tingkat
nasional. Sebagaimana telah dikatakan bahwa aktivitas siswa sesuai pada 8 nilai
aktivitas
baik.
dalam pembelajaran maka Prestasi belajar yang diperoleh juga
terinterprestasi
Hal tersebut membuktikan bahwa aktivitas siswa
berhubungan dengan Prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Zian Atiqotul Maula
Date Deposited: 05 Jul 2024 06:49
Last Modified: 05 Jul 2024 06:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35932

Actions (login required)

View Item View Item