Efisiensi Biaya dalam Pengelolaan Usaha Laundry di Pondok Pesantren Nurul Islam Desa Antirogo Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember

Adhim, Muhammad Fauzan (2024) Efisiensi Biaya dalam Pengelolaan Usaha Laundry di Pondok Pesantren Nurul Islam Desa Antirogo Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-138-ES-2024)
Muhammad Fauzan Adhim_E20172142.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (16MB)

Abstract

“Efisiensi Biaya dalam Pengelolaan Usaha Laundry di Pondok Pesantren Nurul Islam Desa Antirogo Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember”
Usaha laundry adalah suatu bentuk usaha atau bagian yang bergerak dalam bidang jasa pencucian pakaian. Oleh karena itu, usaha laundry hadir untuk menjadi solusi bagi orang-orang yang ingin masalah pakaian kotornya selesai dengan praktis tanpa mengeluarkan waktu dan tenaga yang banyak. Mencuci pakaian menjadi permasalahan sendiri bagi setiap orang. Banyak usaha laundry yang telah didirikan di berbagai tempat, tidak hanya di perkotaan namun juga di pedesaan bahkan ada juga yang di dalam Pondok Pesantren salah satunya di Pondok Pesantren Nurul Islam.
Berdasarkan pemaparan latar belakang masalah di atas, maka penulis merumuskan beberapa permasalahan yang menarik untuk dikaji dan dianalisis, diantaranya : a.) Bagaimana pengelolaan usaha laundry di Pondok Pesantren Nurul Islam Desa Antirogo Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember? b.) Bagaimana efisiensi biaya dalam pengelolaan usaha laundry di Pondok Pesantren Nurul Islam Desa Antirogo Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Field Research menggunakan pendekatan deskriptif. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik Purposive. Pengambilan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan metode pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian adalah:1. Pengelolaan usaha laundry dikelola oleh Pondok Pesantren Nurul Islam yang memberikan tanggung jawab kepada Gus Rahmatullah Rijal selaku dewan majelis pengasuh untuk mengelola usaha laundry. Dalam menentukan pungusaha laundry, beliau bekerja sama dengan masyarakat sekitar Pondok Pesantren Nurul Islam dengan tujuan dapat membantu pendapatan dari masyarakat itu sendiri, yang kemudian melibatkan beberapa pengurus (Ustadz) untuk dijadikan sekertaris dan bendahara dalam usaha laundry ini. 2. Efisiensi Biaya, yang pertama bagi konsumen dengan adanya laundry ini dapat mengefisiensi dalam biaya dibandingkan dengan laundry di luar pondok pesantren, yang kedua bagi pengusaha laundry, efisiensi biaya di dapatkan dengan membeli bahan-bahan yang yang lebih murah namun tidak mengurasi kualitas hasil dari laundry, yang terakhir bagi pihak pondok pesantren yakni dengan adanya usaha laundry yang bekerja sama dengan masyarakat sekitar pondok pesantren dapat membantu pemasukan masyarakat itu sendiri serta dengan hanya menyediakan tempat saja sudah mendapatkan pemasukan bagi pondok pesantren dengan adanya sistem bagi hasil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Fauzan Adhim
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:07
Last Modified: 10 Jul 2024 03:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35933

Actions (login required)

View Item View Item