Strategi Pengembangan Hubungan Masyarakat di Pondok Pesantren Pucak Darussalam Potoan Palengaan Pamekasan dan Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep Madura

Ach, Rofiq (2024) Strategi Pengembangan Hubungan Masyarakat di Pondok Pesantren Pucak Darussalam Potoan Palengaan Pamekasan dan Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep Madura. Doctoral thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ROFIQ LENGKAP Revisi Terbuka1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (44MB)

Abstract

Rofiq, Ach., 2024, Strategi Pengembangan Humas di Pondok Pesantren Puncak Darussalam Potoan Palengaan Pamekasan dan Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep. Disertasi, Program Doktor Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri KH. Achmad Shiddiq, Jember. Promotor: Prof. Dr. Moch. Chotib., S.Ag., M.M., dan Co-Promotor: Dr. H. Saihan, S.Ag., M.Pd.I

Kata Kunci: Strategi Pengembangan Humas, Pondok Pesntren.

Pesantren dan Masyarakat merupakan dua hal yang tidak bisa dilepaskan keberadaannya. Pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam berdiri dan tumbuh berkembang oleh masyarakat. Karenanya, pesantren sebagai lembaga pendidikan berbasis masyarakat disain sesuai dengan kepentingan masyarakat, baik di bidang pendidikan, pembentukan moral, dan pemberdayaan masyarakat.
Pondok pesantren Puncak Darussalam Potoan Palengaan Pamekasan dan Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep juga merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang tidak bisa dilepaskan dari partisipasi masyarakat di dalam pendirian dan pengembangannya. Penelitian ini menggali strategi pengembangan hubungan masyarakat yang dilakukan oleh PP. Puncak Darussalam Potoan Palengaan dan PP. Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep dengan fokus; 1). Bagaimana perencanaan strategi pengembangan humas di kedua pesantren itu? 2). Bagaimana Pelaksanaan pengembangan humas di pesantren tersebut? 3). Bagaimana evaluasi pengembangan humas di kedua pesantren tersebut?
Dari fokus itu untuk menemukan jawaban, maka penelitian ini menggunakan penelitian kualitatatif diskriptif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis kondensasi data, suplay data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Adapaun temuan penelitian; Pertama; perencanaan strategi pengembangan humas dimulai dengan identifikasi visi-misi kedua pesantren, analisis internal dan eksternal hubungan yang terjalin, dan perumusan strategi, sedangkan strategi yang digunakan adalah strategi lisan, tulisan, dan strategi elektronik. Kedua; pelaksanaan pengembangan humas di PP. Puncak Darussalam dan PP. Annuqayah Guluk-Guluk dimulai dengan pembedayaan hubungan yang ada, berupa temu wali, temu alumni, haflatul imtihan, pembentukan organisasi alumni di tiap daerah, pengajian pengasuh/kiai kepada alumni di tiap daerah, pembentukan duta pesantren, prilaku-prilaku sosial seluruh keluarga kiai, dan pemanfaatan media elektronik seperti website, medsos; facebook, WA, Instagram, Twitter, youtube, saluran televisi, radio, podcast, dan pemanfaat media cetak; Majalah Bulanan, Buletin, dll, kepribadian kiai akan perkembangan pesantren.
Ketiga; evaluasi humas di PP. Puncak Darussalam dan PP. Annuqayah di mulai dengan identifikasi realisasi program, identifikasi problem penghambat, penilaian terhadap realisasi program dan catatan pengasuh atau dewan masyayikh, serta rekomendasi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160701 Clinical Social Work Practice
Divisions: Program Doktoral > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ach Rofiq
Date Deposited: 08 Jul 2024 02:53
Last Modified: 08 Jul 2024 02:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35937

Actions (login required)

View Item View Item