Motivasi Pembelajaran Al-Quran dengan Pendekatan Andragogi pada jamaah putri Tartilul Quran Kholilullah Genteng Banyuwangi.

Faidia, Amalia Izzati (2024) Motivasi Pembelajaran Al-Quran dengan Pendekatan Andragogi pada jamaah putri Tartilul Quran Kholilullah Genteng Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text (SK-148-PAI-2024)
AMALIA IZZATI FAIDIA_204101010069.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Motivasi, Pembelajaran Al-Qur'an, Penektan Andragogi.

Fenomena penggunaan Metode Yanbu’a dalam pembelajaran Al-Qur'an mencerminkan respon terhadap kebutuhan mendesak untuk memperbaiki kualitas pendidikan Al-Qur'an di Indonesia. Banyak pesantren dan lembaga pendidikan Islam yang telah mengadopsi metode dalam pembelajaran Al-Qur'an. Hal ini tidak terlepas dari berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh Metode Yanbu’a, seperti struktur pembelajaran yang jelas, materi yang komprehensif, dan pendekatan yang bersifat praktis.
Fokus penelitian ini tentang 1) Bagaimana Pembelajaran Al-Qur’an dengan Pendekatan Andragogi pada Jamaah Putri Tartilul Quran Kholilullah Genteng, Kabupaten Banyuwangi? 2) Bagaimana Motivasi Jamaah Putri Tartilul Quran Kholilullah Genteng, Kabupaten Banyuwangi dalam Pembelajaran Al-Qur’an?.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui Pembelajaran Al-Qur’an dengan Pendekatan Andragogi pada Jamaah Putri Tartilul Quran Kholilullah Genteng, Kabupaten Banyuwangi. 2) Untuk mengetahui Motivasi Jamaah Putri Tartilul Quran Kholilullah Genteng, Kabupaten Banyuwangi dalam Pembelajaran Al-Qur’an.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif (qualitative research) bersifat deskriptif. Jenis penelitian berupa penelitian lapangan (field research). Data diperoleh melalui observasi (pengamatan), interview (wawancara) dan dokumentasi. Proses analisis data terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, pengambilan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini diperoleh bahwa Penelitian ini menunjukkan pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Yanbu'a dan pendekatan Andragogi di Jamaah Putri Tartilul Quran Kholilullah Genteng berhasil menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, relevan, dan bermakna. Motivasi jamaah yang tinggi dan dukungan yang diberikan oleh pengasuh dan ustazah merupakan faktor kunci keberhasilan pembelajaran ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms AMALIA IZZATI FAIDIA
Date Deposited: 05 Jul 2024 07:19
Last Modified: 05 Jul 2024 07:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35938

Actions (login required)

View Item View Item