Pengaruh kepuasan kerja, kompensasi, dan stres kerja terhadap turnover intention pada karyawan PT. Bank Mandiri Tbk Micro Banking Cluster Jember 1

Setyawati, Silvina Dwike (2024) Pengaruh kepuasan kerja, kompensasi, dan stres kerja terhadap turnover intention pada karyawan PT. Bank Mandiri Tbk Micro Banking Cluster Jember 1. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-119-PS-2024)
SKRIPSI SILVINA REVISI-1 Edit watermax.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (56MB)

Abstract

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan bagian terpenting dalam keberhasilan perbankan yang harus dikelolah dengan baik. Apabila SDM tidak dikelolah dengan baik, maka dapat mengakibatkan berkurangnya semangat kerja karyawan dan akhirnya karyawan tersebut berkeinginan untuk keluar (turnover intention) dari perusahaan tersebut. Terdapat faktor yang seringkali mempengaruhi turnover intention yaitu kepuasan kerja, kompensasi, dan stres kerja.
Fokus masalah penelitian ini adalah: 1) Apakah kepuasan kerja berpengaruh secara signifikan terhadap turnover intention pada karyawan PT. Bank Mandiri Tbk Micro Banking Cluster Jember 1? 2) Apakah kompensasi berpengaruh signifikan terhadap turnover intention pada karyawan PT. Bank Mandiri Tbk Micro Banking Cluster Jember 1? 3) Apakah stres kerja berpengaruh signifikan terhadap turnover intention pada karyawan PT. Bank Mandiri Tbk Micro Banking Cluster Jember 1? 4) Apakah kepuasan kerja, kompensasi, dan stres kerja secara serempak berpengaruh signifikan terhadap turnover intention pada karyawan PT. Bank Mandiri Tbk Micro Banking Cluster Jember 1?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap turnover intention pada karyawan PT. Bank Mandiri Tbk Micro Banking Cluster Jember 1. 2) Untuk mengetahui pengaruh kompensasi terhadap turnover intention pada karyawan PT. Bank Mandiri Tbk Micro Banking Cluster Jember 1. 3) Untuk mengetahui pengaruh stres kerja terhadap turnover intention pada karyawan PT. Bank Mandiri Tbk Micro Banking Cluster Jember 1. 4) Untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja, kompensasi, dan stres kerja terhadap turnover intention pada karyawan PT. Bank Mandiri Tbk Micro Banking Cluster Jember 1.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Bank Mandiri Tbk Micro Banking Cluster Jember 1. Sampel dalam penelitian menggunakan teknik sampling jenuh yaitu seluruh karyawan PT. Bank Mandiri Tbk Micro Banking Cluster Jember 1 sebanyak 35 karyawan. Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS 27.
Penelitian ini menghasilkan: 1) Kepuasan kerja yang diterima karyawan cukup tinggi sehingga membuat tingkat turnover intention pada perusahaan tersebut semakin rendah. 2) Karyawan menerima kompensasi yang besar sehingga tingkat turnover intention pada perusahaan tersebut semakin kecil. 3) Stres kerja yang dirasakan karyawan cukup rendah, sehingga semakin rendah juga tingkat turnover intention pada perusahaan tersebut. 4) Pengaruh yang diberikan oleh kepuasan kerja, kompensasi, dan stres kerja terhadap turnover intention termasuk rendah sehingga dapat menurunkan tingkat turnover intention pada perusahaan tersebut.

Kata Kunci: Kepuasan kerja, kompensasi, stres kerja, turnover intention

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150311 Organisational Behaviour
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Silvina Dwike Setyawati
Date Deposited: 08 Jul 2024 02:55
Last Modified: 08 Jul 2024 02:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35950

Actions (login required)

View Item View Item