Implementasi Teori Belajar Sibernetik Dalam Pembelajaran Fiqih Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Kunuuzul Imam Kauman Bondowoso Tahun Pelajaran 2023/2024

Amaliyah, Firda Husnul (2024) Implementasi Teori Belajar Sibernetik Dalam Pembelajaran Fiqih Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Kunuuzul Imam Kauman Bondowoso Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-132-PAI-2024)
FIRDA HUSNUL AMALIYAH_T20171024 watermax ok.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci : Teori Belajar Sibernetik,Hasil Belajar Siswa
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Pembelajaran teori Sibernetiks sebagai suatu jalan, cara, atau kebijaksanaan yang ditempuh oleh pendidik atau peserta didik dalam pencapaian tujuan pembelajaran dengan memanfaatkan komputer dan LCD sebagai media pembelajaran. Selanjutnya suatu pembelajaran yang memadukan suatu keterampilan dengan penampilan praktik, umpan balik, latihan, sampai dengan dikuasainya keterampilan tersebut.

Fokus masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana strategi pembelajaran berbasis teori belajar Sibernetikdalam pembelajaran Fiqh untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Kunuuzul Imam Kauman Bondowoso? 2). Bagaimana Implementasi pembelajaran berbasis teori belajar Sibernetikdalam pembelajaran Fiqh untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Kunuuzul Imam Kauman Bondowoso? 3). Bagaimana evaluasi pembelajaran berbasis teori belajar Sibernetik dalam pembelajaran Fiqh untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Kunuuzul Imam Kauman Bondowoso ?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik Pemgumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif model Miles-Hubaermann dan Saldana. Keabsahan data menggunakan Trianggulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Strategi pembelajaran berbasis teori belajar sibernetik dalam pembelajaran Fiqh untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Kunuuzul Imam Kauman Bondowoso dilaksanakan dengan a) perumusan tujuan pembelajaran, , b) pemilihan materi pembelajaran, c) Metode pembelajaran, menggunakan metode Pembejaran Berbasis MAsalah (PBM), d) pemilihan sumber/media pembelajaran, menggunakan laptop dan LCD proyektor, dan e) pemilihan evaluasi pembelajaran. 2) proyektor, dan e) pemilihan evaluasi pembelajaran. 2) Implementasi pembelajaran berbasis teori belajar sibernetik dalam pembelajaran Fiqh untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Kunuuzul Imam Kauman Bondowoso menggunakan tiga tahap kegiatan yaitu, a) kegiatan pendahuluan, b) kegiatan inti, , c) kegiatan penutup. 3) evaluasi pembelajaran dengan menggunakan asesmen formatif yang mencakup tiga ranah yaitu, a) ranah pengetahuan, menggunakan tes tulis berupa uraian, b) ranah sikap melalui observasi saat proses pembelajaran berlangsung, c) ranah keterampilan, siswa mempresentasikan ulang materi dan saat itu guru menilai keaktifan dan kekereatifan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Firda Husnul Amaliyah
Date Deposited: 09 Jul 2024 03:47
Last Modified: 09 Jul 2024 03:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35953

Actions (login required)

View Item View Item