Strategi Pengembangan Produk Benih Jagung Hibrida Pada PT. Jafran Indonesia di Desa Rowotamtu Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember

Muzadi, Ahmad Sayuk (2024) Strategi Pengembangan Produk Benih Jagung Hibrida Pada PT. Jafran Indonesia di Desa Rowotamtu Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Uin KH Achamad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-047-ES-2024)
AHMAD SAYUK MUZADI_ E20172136.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (21MB)

Abstract

Ahmad Sayuk Muzadi, Hikmatul Hasanah, 2024: Strategi Pengembangan Produk Benih Jagung Hibrida Pada PT. Jafran Indonesia di Desa Rowotamtu Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember.
Strategi pengembangan produk merupakan sebuah strategi yang bertujuan untuk melakukan pengembangan dari produk orisinil, peningkatan produk, dan merk. Suatu perusahaan harus melakuakan sebuah cara agar produknya tetap menjadi pilihan bagi konsumen dengan cara menambah produk baru atau mengembangkan produk yang sudah ada sehingga penjualan terus mengalami peningkatan.
Fokus masalah yang di teliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana proses produk planning benih jagung hibrida pada PT. Jafran Indonesia di Desa Rowotamtu Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember? 2) Bagaimana strategi pengembangan produk benih jagung hibrida pada PT. Jafran Indonesia di Desa Rowotamtu Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana proses produk planning benih jagung hibrida pada PT. Jafran Indonesia di Desa Rowotamtu Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember? 2) Untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan produk benih jagung hibrida pada PT. Jafran Indonesia di Desa Rowotamtu Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di Desa Rowotamtu Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Penentuan informasi menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian meggunakan kondensasi data, penyajian data (Data Display), kesimpulan. Dalam keabsahan data yang digunakan adalah dengan menggunakan trianggulasi sumber.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa 1) PT. Jafran Indonesia dalam melakukan produk planning memiliki beberapa proses mulai dari awal sampai akhir, adapun proses yang dilakukan antara lain kemunculan ide, penyaringan ide, pengembangan dan pengujian konsep, pengembangan strategi pemasaran, analisis usaha, pengembangan produk, market testing, dan komersialisasi. 2) Dalam proses pengembangan produk PT. Jafran Indonesia yaitu dengan melihat terlebih dahulu bagaimana siklus kehidupan produk yang mereka pasarkan agar mereka bisa melihat berapa lama produk mereka bisa bertahan dalam persaingan pasar. Dalam melihat siklus kehidupah produk ada beberapa tahapan antara lain: tahap pengenalan dimana produk mulai dikenalkan kepada konsumen, tahap pertumbuhan dimana produk mulai dikenal dan diminati oleh konsumen, tahap kedewasaan dimana produk mengalami pelambatan dalam penjualan, yang terakhir tahap penurunan dimana produk mulai mengalami penurunan secara cepat maupun perlahan disebabkan adanya persaingan yang semakin ketat, seleran konsumen menurun dan lain-lain.
Kata kunci: strategi pengembangan produk, produk planning, siklus kehidupan produk

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Man Asm Ahmad sayuk muzadi
Date Deposited: 08 Jul 2024 03:35
Last Modified: 08 Jul 2024 03:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35985

Actions (login required)

View Item View Item