Inovasi produk dalam meningkatkan penjualan Susu Sapi Rembangan di UPTD pembibitan ternak dan HPT Rembangan Kabupaten Jember

Hasbi, Faisal Abdillah (2024) Inovasi produk dalam meningkatkan penjualan Susu Sapi Rembangan di UPTD pembibitan ternak dan HPT Rembangan Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-137-ES-2024)
Faisal Abdillah Hasbi_E20172059.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Faisal Abdillah Hasbi, Dr. H. Fauzan S.Pd., M.Si, 2024: Inovasi Produk Dalam
Meningkatkan Penjualan Susu Sapi Rembangan Di UPTD Pembibitan
Ternak Dan HPT Rembangan Kabupaten Jember.
Pelaku usaha atau bisnis dituntut untuk mempunyai pemikiran yang inovatif
dan kreatif yang selalu berkembang mengikuti perubahan zaman yang terus
mengalami kemajuan dengan melakukan penciptaan inovasi pada bisnis yang
dilakukan untuk memperbaiki atau memperluas pemasaran. Inovasi produk
merupakan produk baru atas barang dan jasa yang pada dasarnya berbeda dengan
produk yang telah dipasarkan oleh sebuah perusahaan.
Fokus dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana inovasi produk dalam
meningkatkan penjualan susu sapi Rembangan di UPTD Pembibitan Ternak dan
HPT Rembangan Kabupaten Jember? 2. Apa saja yang menjadi kendala dan
solusi inovasi produk dalam meningkatkan penjualan susu sapi Rembangan di
UPTD Pembibitan Ternak dan HPT Rembangan Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1. Untuk mendiskripsikan
inovasi produk dalam meningkatkan penjualan susu sapi Rembangan di UPTD
Pembibitan Ternak dan HPT Rembangan Kabupaten Jember. 2. Untuk
mendiskripsikan kendala dan solusi inovasi produk dalam meningkatkan
penjualan susu sapi Rembangan di UPTD Pembibitan Ternak dan HPT
Rembangan Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan pendekatan ini bersifat
deskriptif. Teknik penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan
dokumentasi, dengan analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data,
dan kesimpulan, sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini adalah: Menjaga kualitas produk susu sapi
Rembangan dengan pemberian pakan ternak yang baik, proses produksi yang
mendukung, dan tidak memaksakan sapi yang belum siap untuk diperah.
Penambahan dua varian produk, yaitu: Produk susu segar (fresh milk) atau susu
mentah dan susu siap minum dengan varian rasa. Gaya dan desain produk yang
bagus membuat konsumen tertarik untuk membeli produk susu sapi Rembangan
dengan desain kemasan yang terdapat gambar sapi, saran penyajian dan informasi
kandungan, logo halal dan lain sebagainya. 2. Produk susu segar (fresh milk) tidak
dapat bertahan lama, menjadi penghambat konsumen ketika ingin membeli susu
segar, karena khawatir susu akan basi dan tidak layak dikonsumsi. Solusi adanya
penambahan produk dengan memanfaatkan sisa susu segar yang tidak laku terjual,
diolah menjadi susu siap minum dengan bermacam varian rasa. Ketersediaan
produk yang terbatas karena disesuaikan dengan produksi susu yang dihasilkan
oleh sapi yang hanya bisa dilaktasi. Solusi menyiapkan pembibitan ternak agar
mampu memenuhi kebutuhan konsumen.
Kata Kunci: Inovasi Produk, Susu, Penjualan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Faisal Abdillah Hasbi
Date Deposited: 08 Jul 2024 06:27
Last Modified: 08 Jul 2024 06:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35993

Actions (login required)

View Item View Item