Pengembangan mutu pendidikan pesantren

Muhith, Abd (2016) Pengembangan mutu pendidikan pesantren. Imtiyaz, Surabaya.

[img]
Preview
Image
Jurnal Edukasi sep,2016.jpg

Download (632kB) | Preview
[img] Text
KONSEP PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN PESANTREN. Abd Muhith.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Abstrak JurnalI Edukasi Pengembangan MUtu Pend Pesantren.pdf

Download (640kB)

Abstract

Pesantren salah satu lembaga pendidikan Islam yang memiliki karakteristik untuk memperdalam ilmu agama dengan sistem pondok di bawah bimbingan langsung kyai. Dalam perkembangan lembaga pendidikan pesantren telah mengalami perubahan yang beragam(salaf dankhalaf), dalam menerapkan tuntutan pengembangan mutu pendidikan. Usaha peningkatan mutupendidikan pesantren memunculkan tuntutan untuk terus melakukan pembenahan secarasubstansial yang ada relevansinya dengan perubahan paradigma, norma, nilai-nilai dan kebutuhanmasyarakat. konsep pengembangan mutu pendidikan pesantren merupakan: a) integrasi visi misi pendidikan pesantren, pendidikan tafaqquh fii al-diini, da’wah bi al-hal, pendidikan Islam yang diintegrasikan(salaf-khalaf); b) bersumber pada ajaran nilai-nilai Islam (al-Qur’an dan al-Hadist), dan c) prinsip menggunakan kaidah mempertahankan originalitas budaya pesantren dan menerimabudaya baru yang lebih baik (المُحَافَظَةُ عَلَى القَدِيْمِ الصَّالِحِ وَالأَخْذُ بِالجَدِيْدِ الأَصْلَحِ) proses pengembanganmutu pendidikan pesantren dilakukan dengan: a) Plan (P) perencanaan melalui analisis kebutuhan pengembangan mutu pendidikan pesantrenterintegrasi dengan visi misi pesantren, hasil musyawarah dan fatwa kyai; b) Forecasting (F) istikharah sebagai penetapan rencana melalui konsultasi dengan Allah; c) Do (D) pelaksanaan melalui pembentukan lembaga penjaminan mutu pesantren, penerapan kebijakan mutu pesantren dan standar mutu pesantren; d) Check (C) melalui audit, monitoring dan evaluasi; e) Action (A) tindak lanjut merefleksikan semua siklus dengan implementasi program yang baru, dan f) Development (D) pengembangan melalui pembentukan lembaga baru sebagai pendukung pengembangan mutu pendidikan pesantren. Dampak pengembangan mutu pendidikan pesantrenberpengaruh pada : a) internal pesantren ditandai dengan: meningkatnya mutu lulusan; meningkatnya mutu sumber daya pesantren; menguatnya peran institusi; budaya mutu; peran alumni di masyarakat; program pendidikan efektif dan efisien. b) eksternal pesantren dibuktikan dengan: bertambahnya santri baru, meningkatnya kepercayaan mitra pesantren, banyaknya peneliti pesantren, dan banyaknya studi banding ke pesantren.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: mutu, pesantren
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: Haryono Raiman
Date Deposited: 23 Apr 2019 07:21
Last Modified: 08 May 2020 03:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/360

Actions (login required)

View Item View Item