Implementasi Model Pembelajaran Humanis dalam Pengembangan Karakter Demokratis Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Jember Tahun Pelajaran 2023-2024

Salman, Fariz (2024) Implementasi Model Pembelajaran Humanis dalam Pengembangan Karakter Demokratis Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Jember Tahun Pelajaran 2023-2024. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NEW TESIS FARIZ SALMAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Fariz, Salman, 2024 Implementasi Model Pembelajaran Humanis dalam Pengembangan Karakter Demokratis Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Jember Tahun Pelajaran 2023-2024.

Kata Kunci : Pembelajaran Humanis, Karakter Demokratis

Pendidikan yang menjadi acuan pemerintah untuk program wajib belajar adalah sebagai wahana untuk para peserta didik dalam mengembangkan potensi yang dimilikinya melalui proses pembelajaran. Yang dilakukan pendidik untuk menggali dan menumbuhkan potensi-potensi yang dimiliki oleh para peserta didik serta dapat mengembangkan dari hasil pembelajaran.
Fokus penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Bagaimana perencanaan model pembelajaran humanis dalam pengembangan karakter demokratis peserta didik di Mts negeri 10 jember tahun pelajaran 2023-2024? 2. Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran humanis dalam pengembangan karakter demokratis peserta didik di Mts negeri 10 jember tahun pelajaran 2023-2024? 3. Bagaimana asesmen model pembelajaran humanis dalam pengembangan karakter demokratis peserta didik di Mts negeri 10 jember tahun pelajaran 2023-2024?
Tujuan dalam penelitian ini adalah 1. Mendeskripsikan perencanaan model pembelajaran humanis dalam pengembangan karakter demokratis peserta didik Di Mts Negeri 10 Jember tahun pelajaran 2023-2024. 2. Mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran humanis dalam pengembangan karakter demokratis peserta didik Di Mts Negeri 10 Jember tahun pelajaran 2023-2024. 3. Mendeskripsikan asesmen model pembelajaran humanis dalam pengembangan karakter demokratis peserta didik di Mts Negeri 10 Jember tahun pelajaran 2023-2024.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. 2) Lokasi penelitian. 3) Kehadiran peneliti. 4) Subyek penelitian melalui teknik purposive. 5) Sumber data. 6) Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. 7) Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif melalui tiga langkah: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. 8) Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. 9) Tahapan-tahapan penelitian.
Dari penelitian ini memperoleh kesimpulan, bahwa Implementasi Model Pembelajaran Humanis dalam mengembangkan karakter demokratis Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Jember Sudah berjalan dengan baik, meliputi aspek Perencanaan, pelaksanaan dan asesmen atau evaluasi. Pada aspek perencanaan, guru mempunyai peran yang penting dalam perencanaan pembelajaran, tidak hanya menyiapkan administrasi pembelajaran tapi diantaranya peran guru juga sebagai fasilitator, mediator, motivator, konselor dan evaluator sehingga bisa menjadikan pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Aspek model yang digunakan pada pembelajaran adalah Cooperative Learning dan Active Learning, pembelajaran yang menekankan keterlibatan semua peserta didik dalam pembelajaran yang akan memberikan nuansa aktif dari setiap peserta didik. Sedangkan aspek asesmen yang digunakan adalah melibatkan asesmen diagnostik, formatif, dan sumatif. yang memiliki indikator dalam penilaian masing-masing. Nilai diagnostik indikatornya sikap spiritual, sosial. Nilai formatif indikatornya tes, penugasan dan ulangan sedangkan nilai sumatif indikator penentu keberhasilan seperti praktek, produk, proyek dan portofolio

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fariz Salman AL Farizy
Date Deposited: 09 Jul 2024 06:49
Last Modified: 09 Jul 2024 06:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36002

Actions (login required)

View Item View Item