Pengaruh Pembelajaran Berbasis STEAM Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMAN 5 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

Sakinah, Luqotus (2024) Pengaruh Pembelajaran Berbasis STEAM Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMAN 5 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-026-TADRIS-BIO-2024)
LUQOTUS SAKINAH watermarkL NEW.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (49MB)

Abstract

Kata Kunci: STEAM , keterampilan berpikir kritis,biologi
Pembelajaran biologi difokuskan pada tiga pendekatan yaitu berbasis
proyek,berbasis masalah dan interaktif. Ketiga peranan tersebut memiliki peranan
untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil observasi di
SMAN 5 Jember diketahui bahwa keterampilan berpikir kritis siswa masih rendah
hal ini dibuktikan dengan nilai UTS siswa yang masih banyak dibawah KKM.
Dalam upaya meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, terdapat banyak
hal yang dapat membantu proses pembelajaran salah satunya dengan
menggunakan model pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan
keterampilan berpikir kritis siswa ,yaitu model pembelajaran berbasis STEAM.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana keterampilan
berpikir kritis siswa kelas X SMAN 5 Jember tahun Pelajaran 2023/2024? 2)
Adakah pengaruh pembelajaran berbasis STEAM terhadap keterampilan berpikir
kritis siswa kelas X SMAN 5 Jember tahun Pelajaran 2023/2024.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan keterampilan
berpikir kritis siswa kelas X SMAN 5 Jember tahun pelajaran 2023/2024 setelah
diterapkannya pembelajaran berbasis STEAM. 2) Untuk mengetahui pengaruh
pembelajaran berbasis STEAM terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas
X SMAN 5 Jember tahun pelajaran 2023/2024 setelah diterapkannya
pembelajaran berbasis STEAM.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
quasi eksperimen,desain Quasi experimental design dengan bentuk penelitian
nonequivalent group posttest only design . Teknik pengambilan sampel
menggunakan teknik purposive sampling. Terdapat dua kelas yang terpilih sebagai
sampel penelitian yaitu kelas X8 sebagai kelas eksperimen dan kelas X1 sebagai
kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,tes dan
dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji T.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Kelas eksperimen memperoleh
rata-rata 62,08 (Tinggi) dengan standar devisiasi 17.00 dan kelas kontrol
memperoleh rata-rata 47,92 (Sedang) dengan standar devisiasi 13.54. 2) Terdapat
pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis STEAM dengan nilai
signifikan 0,00 lebih kecil dari nilai signifikansi 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1
diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh pembelajaran berbasis STEAM
terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 5 Tahun Pelajaran
2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Luqotus Sakinah
Date Deposited: 08 Jul 2024 06:20
Last Modified: 08 Jul 2024 06:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36009

Actions (login required)

View Item View Item