WAIS AL, QURNI (2020) Implementasi Metode Pembelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Al-Ishlah Jenggawah Tahun Pelajaran 2020”. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
Wais Al Qurni_084 131 477.pdf Download (43MB) |
Abstract
Wais Al Qurni, 2020: Implementasi Metode Pembelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Al-Ishlah Jenggawah Tahun Pelajaran 2020”. Implementasi metode pembelajaran fiqih yang efektif di Madrasah sangat perlu di aktualisasikan. Pasalnya penerapan fikih dalam beribadah menjadi sebuah landasan di terimanya sebuah amal ibadah seseorang, hal ini menjadi salah satu perinsip pembelajaran bagi para pendidik di MTs. Al-Ishlah Jenggawah yang mana telah menerapkan metode pembelajaran fiqih secara kontekstual di lingkungan Madrasah dan kehidupan sehari – hari. Fokus penelitian yang diteliti dalam sripsi ini adalah ( 1) Bagaimana Implementasi Metode Pembelajaran Fiqih Thaharah di Madrasah Tsanawiyah Al- Ishlah Jenggawah Tahun Pelajaran 2020? (2)Bagaimana Implementasi Metode Pembalajaran Fiqih Sholat Fardu di Madrasah Tsanawiyah Al-Ishlah Jenggawah Tahun Pelajaran 2020? Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan Implementasi Metode Pembalajaran Fiqih Thaharah di Madrasah Tsanawiyah Al- Ishlah Jenggawah Tahun Pelajaran 2020 .(2 )Mendeskripsikan Implementasi Metode Pembalajaran Fiqih Sholat Fardu di Madrasah Tsanawiyah Al-Ishlah Jenggawah Tahun Pelajaran 2020. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Pendekatan dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan) Teknik pengumpulan data menggunakan observasi , wawacara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menurut Miles dan Huberman terdiri dari tiga alur : reduksi data , penyajian data ,dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik atau metode. (1)Implementasi Metode pembelajaran fiqih Thaharah dan Shalat Fardu di MTs Al-Ishlah Jenggawah Jember ialah menggunakan beberapa metode, yang mana metode-metode tersebut saling berkaitan antara metode yang satu dengan metode yang lain(2). mengutamakan pemahaman siswa, karena pada mata pelajaran ini siswa dituntut untuk benar-benar menguasai terhadap materi tersebut, karena materi tersebut sangat berkaitan dengan diri pribadi siswa yang mana nantinya akan sangat berguna bagi siswa selaku insan yang beragama guna untuk melaksanakan pekerjaan yang akan menjadi kewajiban pada siswa(3)Dalam materi ini guru menggunakan metode-metode pembelajaran diantaranya ialah Metode ceramah, Metode Tanya jawab, Metode eksperimen, Metode drill (latihan), Metode demonstrasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad fredi afan |
Date Deposited: | 22 Mar 2022 07:05 |
Last Modified: | 22 Mar 2022 07:05 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3601 |
Actions (login required)
View Item |