Imammudin, Ahmad Nur (2024) Penggunaan media pembelajaran media audio visual pada mata pelajaran Fikih kelas VIII di Madrasah Tsanwiyah Al-ishlah Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.
Text (SK-097-PAI-2024)
SKRIPSI_AHMAD NUR IMAMMUDIN 202101010109.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
Ahmad Nur Imammudin, 2024 : Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual
pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Al-Ishlah
Jenggawah Jember Tahun pelajaran 2023/2024.
Kata Kunci : Penggunaan, Media Audio Visual, Pelajaran Fikih
Media audio visual merupakan salah satu jenis media yang menggabungkan
antara media audio dan media visual dengan mengaitkan indera pendengaran dan
indera penglihatan. Dan media audio visual merupakan media yang dipilih oleh
guru di Madrasah Tsanawiyah Al-Ishlah Jenggawah Jember untuk menyampaikan
materi pembelajaran sehingga akan memudahkan peserta didik dalam memahami
materi pembelajaran. Yang mana media audio visual ini bisa menjadikan
pembelajaran dikelas menjadi lebih menarik sehingga peserta bisa menerima
pelajaran secara detail terkait pembelajaran Fikih.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana penggunaan media
pembelajaran audio visual pada mata pelajaran Fikih kelas VIII di Madraah
Tsanawiyah Al-Ishlah Jember? 2) apa saja faktor pendukung dan penghambat
penggunaan media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran Fikih kelas VIII
di Madrasah Tsanwiayh Al-Ishlah Jenggawah?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian
lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Kemudian teknik analisis data penelitian ini mengggunakan reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsaha data menggunakan
triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) penggunaan media audio
visual pada mata pelajaran Fikih di kelas VIII sangat membantu guru dalam
menyampaikan materi, juga membantu paeserta didik dalam memahami materi.
Penggunaan media audio visual juga dapat membuat peserta didik merasa senang
dan tidak bosan untuk mengikuti proses pembelajaran dikelas. 2) faktor pendukung
yaitu, peserta didik menjadi mudah dalam memahami materi, peserta didik menjadi
sennag dan tertarik untuk belajar, guru Fikih mampu mengoprasika peralatan media
audio visual. Faktor penghambat yaitu, terbatasnya peralatan media audio visual,
waktu belajar jadi berkurang, tidak semua materi Fikih bisa menggunakan media
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | AHMAD NUR IMAMMUDIN |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 02:48 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 02:49 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36012 |
Actions (login required)
View Item |