Pemberdayaan Mantan Pekerja Migran Perempuan oleh Migrant Care Jember Melalui Program DESBUMI di Desa Sabrang Kecamatan Ambulu

Azhuri, Muhammad (2024) Pemberdayaan Mantan Pekerja Migran Perempuan oleh Migrant Care Jember Melalui Program DESBUMI di Desa Sabrang Kecamatan Ambulu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Husni Azhuri-D20182043.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (16MB)

Abstract

Kata Kunci: DESBUMI, Migrant Care Jember, Pemberdayaan Mantan Pekerja Migran Perempuan.
Ketidakberdayaan pekerja migran di luar negeri mempengaruhi sikap kritis mantan pekerja migran yang tidak memiliki keberanian untuk melawan berbagai bentuk ketidakadilan mulai dari proses pemberangkatan hingga proses kepulangan. Salah satu upaya pemerintah dalam memberdayakan mantan pekerja migran adalah dengan adanya Migrant Care. Penanggulangan permasalahan tersebut harus dilakukan melalui program pemberdayaan seperti pemberdayaan yang dilaksanakan Migrant Care Jember melalui program DESBUMI sebagai kelompok usaha yang ada di Desa Sabrang. DESBUMI Desa Sabrang, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember telah menjalin kerja sama dengan agen pariwisata. Berbagai produk yang telah dikembangkan mulai dari kerajinan tangan barang bekas hingga kuliner yang dihasilkan oleh kelompok DESBUMI Desa Sabrang yang semua anggotanya merupakan mantan pekerja migran perempuan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana pemberdayaan mantan pekerja migran perempuan oleh Migrant Care Jember melalui program DESBUMI di Desa Sabrang, Kecamatan Ambulu?. Aapa saja faktor pendukung dan penghambat pemberdayaan mantan pekerja migran perempuan oleh Migrant Care Jember melalui program DESBUMI di Desa Sabrang, Kecamatan Ambulu?. Tujuan penelitian ini yaitu, untuk mengetahui pemberdayaan mantan pekerja migran perempuan oleh Migrant Care Jember melalui program DESBUMI di Desa Sabrang, Kecamatan Ambulu. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pemberdayaan mantan pekerja migran perempuan oleh Migrant Care Jember melalui program DESBUMI di Desa Sabrang, Kecamatan Ambulu.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian analisis deskriptif. Kemudian teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, dimana data dikumpulkan, diabstraksikan, disajikan, dan ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, program pemberdayaan yang dilakukan terhadap mantan pekerja migran perempuan di Desa Sabrang yaitu melalui kegiatan peningkatan ekonomi (usaha produktif). Dalam kegiatan pemberdayaan, ada empat tahapan yang dilaksanakan ialah, tahap penyadaran, tahap penguatan, tahap kemandirian dan tahap evaluasi. Tujuan dari kegiatan pemberdayaan ini yaitu, mampu mengembangkan potensi masyarakat, mampu memandirikan masyarakat, dan mampu mencegah terjadinya ketimpangan. Faktor pendukung kegiatan ini ialah adanya motivasi yang diberika dan bantuan alat produksi. Sedangkan hambatan yang dihadapi adalah minimnya pemodalan dan terbatasnya kemampuan sumber daya manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160702 Counselling, Welfare and Community Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Muhammad Husni Azhuri
Date Deposited: 08 Jul 2024 03:42
Last Modified: 08 Jul 2024 03:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36022

Actions (login required)

View Item View Item