Strategi Branding Program Ekstrakurikuler Paskibra Melalui Analisis SWOT Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember

mrs, putri lestari (2024) Strategi Branding Program Ekstrakurikuler Paskibra Melalui Analisis SWOT Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, uin khas jember.

[img] Text
DOC-20240703-WA0037..pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Kata Kunci : SWOT Helpful dan Harmful, Branding, Ekstrakurikuler Paskibra.
Analisis SWOT menolong organisasi dalam bersaing terutama dalam hal branding. Sederhananya SWOT adalah faktor helpful dan harmful yang membantu terbentuknya strategi branding yang akan di gunakan pada ekstrakurikuler paskibra di MAN 2 Jember.
Fokus dari penelitian ini adalah : 1) Bagaimana strategi branding program ekstrakurikuler paskibra melalui faktor helpful di MAN 2 Jember? 2) Bagaimana strategi branding program ekstrakurikuler paskibra melalui faktor harmful di MAN 2 Jember?. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan bentuk strategi branding program ekstrakurikuler paskibra melalui faktor helpful di MAN 2 Jember, 2) Mendeskripsikan bentuk strategi branding program ekstrakurikuler paskibra melalui faktor harmful di MAN 2 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian untuk analisis datanya melalui kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) dari adanya analisis lingkungan dengan menggunakan penyederhana SWOT yang dilakukan sebagai dasar terbentuknya strategi yaitu faktor helpful dan harmful berupa strenght dan opportunities mendapatkan hasil program kerja yang digunakan sebagai branding pada ekstrakurikuler paskibra kedepannya yakni berupa program kerja gempar, studi banding, latihan gabungan, mengikuti event jember. Dimana program kerja tersebut sangat menguntungkan ketika kegiatan berlangsung yakni semakin banyaknya minat orang tua dan calon peserta didik. 2) Dasar strategi berupa analisis faktor harmful dapat mencegah suksesnya visi dan misi ekstrakurikuler paskibra yang berupa weakness dan threat. Sehingga harus segera di cegah dan di daur ulang menjadi branding paskibra MAN 2 Jember sekaligus berupa peningkatan sosial media yang mengikuti trend masa kini, pemanfaatan sarana dan prasarana paskibra MAN 2 Jember untuk trik supaya konsumen lebih tau tentang paskibra MAN 2 Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150310 Organisation and Management Theory
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: putri putri lestari putri
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:16
Last Modified: 09 Jul 2024 02:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36024

Actions (login required)

View Item View Item