Implementasi Guru Dalam Melatih Kemampuan Adaptasi Sosial Pada Anak Autis Di SMP Science Qur’an Al Irsyad Al Islamiyyah Jember

Muflihah, Denisa Ulya (2024) Implementasi Guru Dalam Melatih Kemampuan Adaptasi Sosial Pada Anak Autis Di SMP Science Qur’an Al Irsyad Al Islamiyyah Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
WATERMARK Skripsi Dennisa Ulya Muflihah_204103050016).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Guru, Adaptasi sosial, Anak Autis

Kabupaten Jember memiliki lembaga pendidikan baik secara formal ataupun non formal, Yang dimana lembaga formal itu terdiri dari SD,SMP,SMA sederajat , adapun selain lembaga yang di maksud kabupaten Jember juga memperhatikan terhadap pendidikan yang ditunjukkan kepada anak berkebutuhan khusus dengan maksud dan tujuan memberikan pemerataan pendidikan tanpa melihat status sosial. Penanganan pendidikan anak berkebutuhan khusus dilaksanakan oleh sekolah luar biasa yang di mana kabupaten Jember memiliki tujuh sekolah luar biasa. Didalam tujuh lembaga tersebut terdapat duapuluh dua anak autis yang terdiri dari autis ringan,autis sedang dan autis berat Dari tujuh sekolah memiliki kesamaan dalam metode penanganan visual, okupasi dan wicara.. Lembaga ini merupakan tingkat SMP sederajat yang memiliki guru serta pendidik yang memiliki kredibilitas dalam mengembangkan metode penanganan pada siswa berkebutuhan khusus(Autis), dimana metode yang sering digunakan pada kelas inklusi yakni Bina diri dan IEP (Individualized Education Program) dimana program yang disusun bagi setiap anak berkebutuhan khusus berdasarkan hasil asesmen dan disesuaikan dengan kemampua dan kebutuhan anak yang bersangkutan.
Fokus penelitian ini yakni 1)Bagaimana Implementasi guru dalam melatih kemampuan adaptasi sosial pada anak autis di SMP Science Qur’an Al Irsyad Al Islamiyyah Jember?2 )Apa penghambat dan pendukung Implementasi guru dalam melatih kemampuan adaptasi sosial pada anak autis di SMP science Qur’an Al Irsyad Al Islamiyyah Jember?
Tujuan penelitian ini ialah 1)untuk mengetahui Implementasi guru dalam melatih kemampuan adaptasi sosial pada anak autis di SMP Science Qur’an Al Irsyad Al Islamiyyah Jember? 2)untuk mengetahui penghambat dan pendukung Implementasi guru dalam melatih kemampuan adaptasi sosial pada anak autis di SMP science Qur’an Al Irsyad Al Islamiyyah Jember?
Metode dalam penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriftif dalam analisis nya peneliti menggunakan triangulsi sumber dengan pengumpulan data wawancara dan observasi yang berlokasi pada SMP Science Qur’an Al Irsyad Al Islamiyyah Jember. Penelitian ini menemukan hasil bahwasanya Perilaku adaptif sangat perlu untuk meningkatkan kepercayaan dirinya guru juga sangat berperan dalam membina sikap dan karakter para siswa perkebutuhan khusus serta menuntut orang tua juga berperan aktif untuk mengenalkan siswa berkebutuhan khusus dengan keadaan sosial sekitar, serta berpengetahuan khusus. dalam meninggkatkan kemampuan adaptif anak autis peneleti menemukan adanya hambatan-hambatan yakni pada proses kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170112 Sensory Processes, Perception and Performance
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi Islam
Depositing User: Ms. DennisaUlya Muflihah
Date Deposited: 08 Jul 2024 04:10
Last Modified: 08 Jul 2024 04:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36027

Actions (login required)

View Item View Item