Analisis Problematika Guru IPS Non Linier dalam Pembelajaran IPS di MTs Darul Ulum Muncar Banyuwangi

Waqi'ah, Siti (2024) Analisis Problematika Guru IPS Non Linier dalam Pembelajaran IPS di MTs Darul Ulum Muncar Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KHAS KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-044-TADRIS-IPS-2024)
SITI WAQI'AH_202101090048.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Guru non linier merupakan istilah yang diberikan kepada guru mata pelajaran dimana terdapat ketidak sesuaian antara pendidikan yang telah ditempuh dengan mata pelajaran yang diampunya. dalam proses mengajar akan lebih baik apabila guru tersebut memiliki latar belakang pendidikan yang linier dengan mata pelajaran yang diampunya atau sesuai dengan disiplin keilmuan dan keahliannya. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan problematika internal guru non linier dalam pembelajaran IPS di MTs Darul Ulum Muncar 2) Mendiskripsikan problematika eksternal guru non linier dalam pembelajaran IPS di Mts Darul Ulum Muncar. 3) Mendeskripsikan upaya yang dilakukan oleh guru non linier dalam mengatasi problematika pembelajaran IPS di MTs Darul Ulum Muncar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian ini: 1) Problematika internal guru IPS non linier di MTs Darul Ulum meliputi: (a) kesulitan menguasai materi,(b) kesulitan dalam model pembelajaran, (c) kesulitan dalam menyusun instrument penilaian. 2) Problematika eksternal guru non linier dalam pembelajaran IPS adalah: (a) faktor Gaji Guru (b) fasilitas perpustakaan yang kurang memadai. 3) Upaya yang dilakukan oleh guru non linier dalam mengatasi problematika pembelajaran IPS adalah : (a) diskusi dengan rekan guru, (b) belajar mandiri
Kata Kunci: Guru Non Linier, Pembelajaran IPS, Problematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: skripsi Siti Waqi'ah
Date Deposited: 08 Jul 2024 06:30
Last Modified: 08 Jul 2024 06:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36038

Actions (login required)

View Item View Item