Implementasi Metode Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Pada Pembelajaran IPA di MTs Negeri 7 Jember

Jannah, Ning Hasanatul (2024) Implementasi Metode Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Pada Pembelajaran IPA di MTs Negeri 7 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddik Jember.

[img] Text (SK-036-TADRIS-IPA-2024)
NING HASANATUL JANNAH_205101100004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib dipelajari siswa dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Beberapa permasalahan yang sering terjadi dalam pembelajaran yaitu kurangnya keaktifan siswa serta kurangnya interaksi sosial antara siswa satu dengan yang lainnya dalam mengikuti pembelajaran IPA. Banyak siswa yang masih kurang terampil dalam berinteraksi dan cenderung merasa malu dan takut dalam bertanya. Dengan demikian diperlukan metode tutor sebaya agar dapat dapat membantu siswa untuk belajar, terlibat aktif dalam pembelajaran, dan memecahkan masalah yang mengarah pada kesetaraan pemahaman terhadap materi pembelajaran.
Penelitian ini disusun untuk mengetahui 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran IPA menggunakan metode tutor sebaya untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa di MTs Negeri 7 Jember, 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran IPA menggunakan metode tutor sebaya untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa di MTs Negeri 7 Jember. 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran IPA menggunakan metode tutor sebaya untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa di MTs Negeri 7 Jember.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research), dengan jenis pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data,
menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Dari hasil penelitian, peneliti memperoleh kesimpulan bahwa implementasi metode tutor sebaya dalam meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa pada pembelajaran IPA di MTs 7 Jember meliputi tiga tahapan pembelajaran. 1) Tahap perencanaan, guru menyiapkan perangkat pembelajaran, menunjuk siswa menjadi tutor, menjelaskan materi kepada tutor dan membentuk kelompok sesuai jumlah tutor. 2) Tahap
pelaksanaan, guru memulai pembelajaran dengan berdoa, presensi dan kegiatan apersepsi, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pembelajara menggunakan metode tutor sebaya serta menutup kegiatan pembelajaran dengan penugasan dan diakhiri dengan berdoa bersama. 3) Terakhir yaitu tahap evaluasi, guru melakukan penilaian terkait kemampuan siswa yang ditunjuk menjadi tutor serta mengamati kemampuan siswa dalam berinteraksi dengan teman sebaya sebelum dan sesudah diterapkannya metode tutor sebaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms Ning Hasanatul Jannah
Date Deposited: 08 Jul 2024 06:41
Last Modified: 15 Jul 2024 07:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36047

Actions (login required)

View Item View Item