Hubungan Antara Kecerdasan Interpersonal Dengan School Well-Being Pada Siswa SMP Negeri 1 Leces

Windawati, Febi Ratna (2024) Hubungan Antara Kecerdasan Interpersonal Dengan School Well-Being Pada Siswa SMP Negeri 1 Leces. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi-Febi Ratna Windawati.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Kecerdasan Interpersonal, School Well-Being
Kesejahteraan siswa di sekolah berdampak pada kemampuan mereka untuk belajar secara efektif dalam memahami informasi sehingga dapat menunjukkan perilaku sosial yang sehat. Kepuasan siswa terhadap situasi sekolah dapat merangsang minat dan meningkatkan semangat belajar siswa. Sehingga siswa dapat bersemangat dalam pengerjaan tugas, lebih giat dalam memahami materi pembelajaran, dan akan tercapai tujuan belajar yang diinginkan. Sekolah yang ideal adalah sekolah yang dapat memanifestasikan seluruh kemampuan siswa secara efektif sehingga seluruh siswa dapat merasakan kesejahteraan.
Berdasarkan dengan latar belakang diatas, maka berikut rumusan masalah pada penelitian ini ialah apakah terdapat hubungan antara kecerdasan interpersonal dengan school well-being pada siswa SMP Negeri 1 Leces?.
Dalam setiap penelitian akan memuat tujuan para peneliti. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kecerdasan interpersonal dengan school well-being pada siswa SMP Negeri 1 Leces.
Pendekatan penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode yang digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada variabel X terhadap variabel Y. Dan juga dapat dilihat bahwa 13,311 > 1,65133 sehingga dinyatakan terdapat pengaruh signifikan pada variabel X terhadap variabel Y. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi Islam
Depositing User: Ms. Febi Ratna Windawati
Date Deposited: 08 Jul 2024 07:55
Last Modified: 08 Jul 2024 07:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36049

Actions (login required)

View Item View Item