Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024.

SA'ADAH, PUTRI DIANATUS (2024) Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-124-PAI-2024)
SKRIPSI PUTRI DIANATUS SA'ADAH (206101010006).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Jember masih dilaksanakan secara konvensional dan berpusat pada guru. Guru belum sepenuhnya melaksanakan pembelajaran secara aktif. Dengan pemilihan model pembelajaran akan membuat hasil belajar siswa lebih meningkat. Pembelajaran CTL merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata peserta didik dan mendorong peserta didik membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari, sehingga pembelajaran berjalan dengan produktif dan bermakna bagi siswa.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan impelementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Jember tahun pelajaran 2023/2024. 2) Mendeskripsikan faktor penghambat dan faktor pendukung implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Jember tahun pelajaran 2023/2024. 3) Mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Jember tahun pelajaran 2023/2024?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Jember menerapkan beberapa komponen CTL dalam pembelajaran, yaitu bertanya (questioning), masyarakat belajar (learning community), dan pemodelan (modeling); 2) Dalam penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih memiliki beberapa faktor, baik faktor yang mendukung maupun faktor yang menghambat berjalannya suatu kegiatan tersebut. Adapun faktor pendukung diantaranya yaitu: a) sarana dan prasarana, b) semangat belajar. Kemudian faktor penghambat yang dialami diantaranya yaitu : a) kurangnya jam pelajaran, b) keberagaman kemampuan siswa, c) ketika praktek siswa kurang percaya diri.3) Hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan beberapa komponen CTL lebih meningkat baik dalam pengetahuan, pemahaman, maupun penerapannya.

Kata Kunci: Model pembelajaran, Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: putri dianatus sa'adah
Date Deposited: 08 Jul 2024 07:37
Last Modified: 08 Jul 2024 07:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36060

Actions (login required)

View Item View Item