Implikasi Gaya Kepemimpinan Pada Penerapan Asas Kekeluargaan Di Koperasi Unit Desa (KUD) Nusantara Desa Kesilir Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember.

Cahyono, Dendy (2024) Implikasi Gaya Kepemimpinan Pada Penerapan Asas Kekeluargaan Di Koperasi Unit Desa (KUD) Nusantara Desa Kesilir Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text (SK-156-ES-2024)
SKRIPSI CAHYO FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Dendy Cahyono, Khamdan Rifa’I. 2024 : Implikasi Gaya Kepemimpinan Pada Penerapan Asas Kekeluargaan Di Koperasi Unit Desa (KUD) Nusantara Desa Kesilir Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember.

Kepemimpinan menjadi aspek penting dalam kehidupan, banyak ilmu tentang kepemimpinan dalam kegiatan sehari-hari dan juga dalam suatu organisasi atau perusahaan. Dalam agama Islam kepemimpinan juga menjadi aspek penting dan memiliki makna tersendiri, terdapat berbagai disiplin ilmu dalam kepemimpinan dan dan tata cara dalam kepemimpinan yang sesuai dengan tuntunan Allah SWT. Begitu juga dalam Koperasi Unit Desa (KUD) Nusantara kepemimpinan menjadi salah satu aspek penting sebagai pengambil keputusan untuk kepentingan bersama dan menerapkan asas kekeluargaan koperasi sebagai salah satu hal yang dapat dilaksanakan untuk perekembangan koperasi.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana gaya kepemimpinan di Koperasi Unit Desa Nusantara?. 2) Bagaimana penerapan asas kekeluargaan di Koperasi Unit Desa Nusantara?.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui dan mendeskripsikan gaya kepemimpinan dengan penerapan asas kekeluargaan di Koperasi Unit Desa Nusantara, 2) mengatahui dan mendeskripsikan asas kekeluargaan yang harus diterapkan untuk keberlangsungan kegiatan Koperasi Unit Desa Nusantara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam penentuan subjek penelitian menggunakan Purposive serta menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah kepemimpinan di KUD Nusantara terlihat kurang konsisten dan bersifat otokratis yang berimbas kepada pengurus dan anggota. Menyebabkan ketidak kompakan dalam kegiatan di koperasi yang akhirnya membuat koperasi tidak bisa berkembang. Dalam penerapan asas kekeluargaan yang tidak bisa dilakukan dengan baik karena kurangnya kesadaran diri sendiri dalam berkoperasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: MR DENDY CAHYONO
Date Deposited: 08 Jul 2024 06:36
Last Modified: 18 Jul 2024 07:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36071

Actions (login required)

View Item View Item