Mochamad Zaimun, Nadzor (2020) Cara membaca kitab kuning melalui pembelajaran aplikasi i'rab di pondok pesantren al-bidayah tegal besar jember tahun 2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Isla.
Text
Mochamad Zaimun Nadzor_T20161048.pdf Download (3MB) |
Abstract
Mochamad Zaimunn Nadzor, 2020 : CARA MEMBACA KITAB KUNING MELALUI PEMBELAJARAN APLIKASI I’RAB DI PONDOK PESANTREN AL-BIDAYAH TEGAL BESAR JEMBER TAHUN 2020 Keterampilan membaca dan memahami kitab kuning atau teks arab merupakan suatu hal yang penting da lam pembelajaran di pondok pesantren terkhusus dalam mempelajari dan mengkaji ilmu agama, yang biasanya merujuk pada kitab-kitab klasik karya ulama’ abad pertengahan atau dapat dikatakan dengan kitab kuning. Banyak metode yang digunakan oleh pondok-pondok pesanten dalam membaca dan memahami kitab kuning salah satunya seperti yang digunakan Pondok Pesantren Al-Bidayah menggunakan metode Al-Bidayah karya Ust Abdul Haris sendiri, yang dimana salah satu pembelajarannua berupa pembelajaran Aplikasi I’rab. Berdasarkan latar belakang di atas, maka fokus penelitian ini adalah: Bagaiamana strategi pencapaian pembelajaran Aplikasi I’rab di Pondok Pesantren Al-Bidayah Tegal Besar Jember. Bagaimana strategi pengorganisasia pembelajaran Aplikasi I’rab di Pondok Pesantren Al-Bidayah Tegal Besar Jember. Bagaimana srategi evaluasi pembelajaran Aplikasi I’rab di Pondok Pesantren Al-Bidayah Tegal Besar Jember. Penelitian ini menggunakan pendekantan penelitian kualitatif deskriptif yang berbentuk penelitian lapangan. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis datanya menggunakan analisa data condensation, data display, veryvication dan untuk mengukur kebsahan data mnggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil dari penelitian ini yaitu: dalam strategi pencapaian pembelajaran Aplikasi I’rab di Pondok Pesatren Al-Bidayah Tegal Besar Jember menggunakan beberapa media sederhana yaitu buku pedoaman dan kitab yang mendukung beserta papan tulis kecil dan kertas hvs. Dala m strategi pengorganisasian menggunakan metode diskusi kelompok kecil yang dimana dalam pelaksanaan pembelajaran Aplikasi I’rab terdapat 3 tahapan didalamnya yaitu: pembukaan berupa salam, membaca tawassul dan membaca al-fatihah seca ra bersamaan, kegiatan inti berupa diskusi penerapan kaidah-kaidah nahw u sharf dalam kelompok-kelompok kecil pada setiap kelas yang diketuai oleh tuto r dari satri senior, kemudian kegiatan penutup berupa evaluasi 15 menit sebelu m pembelajaran usai dan dilanjutkan dengan salam, doa dan ikrar santri Al-Bid ayah Tegal Besar Jember. Dalam strategi evalusi pembelajran Aplikasi I’rab di Pondok Pesatren Al-Bidayah Tegal Besar Jember berupa evaluasi diagnosti k yang dilakukan pada penutup dalam pembelajaran guna untuk mengetahui sampai sejauh mana kemampuan santri dalam memahami pembelajaran Aplikasi I’rab
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad fredi afan |
Date Deposited: | 21 Mar 2022 07:18 |
Last Modified: | 01 Apr 2022 07:00 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3608 |
Actions (login required)
View Item |