Perspektif hukum Islam terhadap konsep keterpaksaan dalam praktik pinjam meminjam dengan sistem lema beleesen: di Desa Gading sari Kecamatan Pakem Bondowoso

Mansur, Mansur (2024) Perspektif hukum Islam terhadap konsep keterpaksaan dalam praktik pinjam meminjam dengan sistem lema beleesen: di Desa Gading sari Kecamatan Pakem Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-022-HES-2024)
Mansur_S20172012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Mansur, 2023: Perspektif Hukum Islam Terhadap Konsep Keterpaksaan Dalam Praktik Pinjam Meminjam Dengan Sistem “ema beleesen (Di Desa Gading Sari Kecamatan Pakem Bondowoso).
Kata Kunci : Hukum Islam, Pinjam meminjam, riba, lema beleesen.
Dalam pinjam meminjam diharapkan terdapat corak tolong kepada pihak lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun pada kenyataannya masih banyak masyarakat yang belum memahami tentang konsep akad qardh atau akad pinjam meminjam sengga tanpa berpikir panjang meraka terpaksa melakukan pinjaman pada pihak yang lebih mampu dari padanya meskipun transaksi pinjam meminjam tersebut sudah diketahui mengandung unsur riba, tetapi pinjaman tersebut tetap dilakukan karena tidak ada pilihan lain dan tidak dapat dihindari
Oleh sebab itu maka perspektif hukum Islam terhadap cara pinjam meminjam tersebut menjadi fakus penelitian yang diantaranya: (1) Bagaimana praktik pinjam meminjam dengan sistem lema bellesen di kelurahan gading sari kecamatan pakem kabupaten Bondowoso. ? (2) Bagaimana perspektif hukum Islam terhadap konsep keterpaksaan dari praktik pinjam meminjam dengan sistem lema bellesen di kelurahan gading sari kecamatan pakem kabupaten Bondowoso. ?
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana praktik pinjam meminjam dengan sistem lema bellesen di kelurahan Gading sari kecamatan Pakem kabupaten Bondowoso. (2) Untuk mendeskripsikan bagaimana perspektif hukum Islam terhadap konsep keterpaksaan dari praktik pinjam meminjam dengan sistem lema bellesen di kelurahan Gading sari kecamatan Pakem kabupaten Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, dan studi dokumen. Sedangkan metode pengelolaan data adalah dengan tahap reduksi, tahap display kesimpulan dan verifikasi.
Dari hasil penelitian ini adalah (1) Jika seorang debitur menerima pinjaman uang maka ada bunga yang harus dibayar yaitu 15% dalam waktu yang telah disepakati, apabila debitur tidak dapat mengembalikan pinjaman pokok maka diperbolehkan ngembalikan bunganya saja. (2) Dalam pinjam meminjam tersebut termasuk riba, namun sebagian cendikiawan memberikan pembenaran atas pengembalian bunga uang dengan ketentuan-ketentuan yang darurat. Darurat tersebut harus dibatas sesuai dengan kadarnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012704 al-Riba (Interest)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Mansur Mansur
Date Deposited: 08 Jul 2024 06:15
Last Modified: 16 Jul 2024 08:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36083

Actions (login required)

View Item View Item