Jannah, Fitri Atul (2024) Meningkatkan Perkembangan Bahasa Kelompok A Usia 4-5 Tahun Melalui Media Kartu Bergambar Di Taman Kanak-kanak Salafiyah Syafi'iyah Ajung Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text (SK-023-PIAUD-2024)
Skripsi Fitri Atul Jannah_201101050017.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Kata kunci : perkembangan bahasa, media kartu bergambar
Bahasa merupakan alat yang digunakan untuk berpikir, mengapresiasi diri, dan alat komunikasi. Bahasa merupakan aspek yang sangat penting untuk anak usia dini untuk perkembangan selanjutnya dan erat kaitannya dengan aspek-aspek yang lainnya, karena dengan bahasa anak dapat berkomunikasi dengan orang disekitarnya. Perkembangan bahasa anak usia dini adalah perubahan sistem lambang bunyi yang berpengaruh terhadap kemampuan berbahasanya, anak usia dini dapat mengidentifikasi dirinya, serta dapat berinteraksi dengan orang lain. Bahasa merupakan alat yang efektif dalam membangun komunikasi dengan orang lain.
Fokus penelitian ini yaitu : 1.) Bagaimana penggunaan media kartu bergambar untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini kelompok A di Taman Kanak-kanak Salafiyah Syafi’iyah Ajung Jember? 2.) Apa saja faktor penghambat dan pendukung penggunaan media kartu bergambar untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini kelompok A di Taman Kanak-kanak Salafiyah Syafi’iyah Ajung Jember?. Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1.) Mendeskripsikan penggunaan media kartu bergambar untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini kelompok A di Taman Kanak-kanak Salafiyah Syafi’iyah Ajung Jember. 2.) Mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat penggunaan media kartu bergambar untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini kelompok A di Taman Kanak-kanak Salafiyah Syafi’iyah Ajung Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Serta keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini meliputi 3 langkah yang pertama persiapan yakni guru menentukan tema, dan menyiapkan bahan (kartu bergambar), kemudian langkah kedua pelaksanaan yaitu berdoa bersama, menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan, dan bermain kartu bergambar, langkah yang ketiga yakni evaluasi diakhir pembelajaran dengan tebak gambar. Faktor pendukung diantaranya peserta didik yang aktif, memiliki rasa ingin tahu, kemudian memperhatikan guru ketika guru menjelaskan, medianya menarik, penyampaian guru yang menarik . Sedangkan faktor penghambat yaitu ketika ada peserta didik yang pendiam terkesan kurang aktif, ada anak yang asik bermain sendiri, dan bahkan lari-larian. Hal tersebut menjadi penghambat karena menjadikan suasana kelas kurang kondusif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Fitri Atul Jannah |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 07:47 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 07:47 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36084 |
Actions (login required)
View Item |