Analisis Perilaku Nasabah Dalam Melaksanakan Transaksi Gadai Emas Pada PT. Pegadaian Syariah Di KC Jember

Khoironi, Muhammad (2024) Analisis Perilaku Nasabah Dalam Melaksanakan Transaksi Gadai Emas Pada PT. Pegadaian Syariah Di KC Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-129-ES-2024)
MUHAMMAD KHOIRONI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Muhammad Khoironi, Nikmatul Masruroh, 2024: Analisis Perilaku Nasabah Dalam Melaksanakan Transaksi Gadai Emas Pada PT. Pegadaian Syariah Di KC Jember

Gadai emas Syariah di perbankan syariah merupakan produk pembiayaan atas dasar jaminan berupa emas dalam bentuk batangan maupun perhiasan sebagai salah satu alternatif memperoleh uang tunai dengan cepat, aman, dan mudah cepat berarti pihak nasabah dapat memperoleh dana pinjaman tanpa prosedur yang panjang dibandingkan dengan produk pembiayaan lain. Aman karena pihak bank memiliki barang jaminan, yaitu emas yang bernilai tinggi dan relatif stabil bahkan nilainya cenderung bertambah. Mudah berarti pihak nasabah dapat kembali memiliki emas yang digadaikan dengan mengembalikan sejumlah uang pinjaman dari bank.
Fokus penelitian: 1) Bagaimana praktek gadai emas pada PT. Pegadaian Syariah KC Jember? 2) bagaimana perilaku nasabah dalam melaksanakan gadai emas pada PT. Pegadaian Syariah KC Jember
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1)untuk mengetahui dan mendeskripsikan praktek gadai emas pada PT. Pegadaian Syariah KC Jember 2) untuk mengetahui dan mendeskripsikan perilaku nasabah dalam melaksanakan gadai emas pada PT. Pegadaian Syariah KC Jember.
Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan, lokasi penelitian bertempatan di PT. Pegadaian Syariah KC Jember, Jl. Ahmad Yani No.768, Kebondalem, Kepatihan, Kaliwates, Kabupaten Jember. Dalam menentukan informan peneliti ini menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif, sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi.
Penetian ini menghasilkan bahwa: 1)Praktek gadai emas pada PT. Pegadaian Syariah 2)perilaku nasabah dalam melaksanakan transaksi gadai.

Kata Kunci: gadai emas, transaksi gadai emas, PT. Pegadaian Syariah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150204 Insurance Studies
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr Muhammad Khoironi
Date Deposited: 09 Jul 2024 06:34
Last Modified: 09 Jul 2024 06:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36086

Actions (login required)

View Item View Item