Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Pada Pedagang Di Pasar Ambulu Kabupaten Jember

Shalahuddin Aslam Khan, Rana Mukhammad (2024) Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Pada Pedagang Di Pasar Ambulu Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-147-ES-2024)
RANA ASLAM KHAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Rana Mukhammad Shalahuddin Aslam Khan, 2024: Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial pada Pedagang di Pasar Ambulu Kabupaten Jember

Kata kunci: Strategi Pemasaran, Pedagang Pasar

Media sosial kini tidak hanya digunakan sebagai media berinteraksi dan bersosialisasi saja, namun juga bisa sebagai wadah yang efektif untuk melakukan kegiatan pemasaran atau promosi sebuah produk secara online. Penggabungan social media dengan pemasaran adalah untuk mendukung kinerja pemasaran seiring perkembangan teknologi dan informasi. Dengan adanya media sosial bisa memudahkan dalam menginformasikan barang dagangan di beberapa toko salah satunya yang ada di pasar Ambulu. Dalam menggunakan media sosial, ada banyak peningkatan dalam bisnisnya seperti banyak pedagang dari luar Ambulu bahkan di luar kabupaten Jember yang sering berbelanja dengan media sosial.
Fokus masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial pada Pedagang di Pasar Ambulu Kabupaten Jember (2) Bagaimana Dampak Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial pada Pedagang di Pasar Ambulu Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Untuk Mengetahui Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial pada Pedagang di Pasar Ambulu Kabupaten Jember. (2) Untuk Mengetahui Dampak Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial pada Pedagang Di Pasar Ambulu Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di Pasar Ambulu. Subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Ada 7 komponen dari Strategi pemasaran yang digunakan oleh Para Pedagang di Pasar Ambulu yaitu Produk (Product), Harga (Price), Tempat (Place), Promosi (Promotion), Orang (People), Proses (Process), Bentuk Fisik (Physical Evidence). Dari ketujuh komponen ini para pedagang lebih efektif menggunakan strategi Promosi karena bisa menjangkau konsumen lebih luas. (2) Dampak dari Strategi Pemasaran menggunakan Media Sosial yakni para pedagang dapat banyak menarik konsumen baik dalam maupun luar kota.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Rana Mukhammad Shalahuddin Aslam Khan
Date Deposited: 09 Jul 2024 06:38
Last Modified: 09 Jul 2024 06:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36099

Actions (login required)

View Item View Item