Konstruksi Nilai-Nilai Ukhuwah Islamiyah Melalui Kegiatan Tasmik Al Quran Alumni Pondok Pesantren Al-Quran Ibnu Katsir Bersama Masyarakat di Kecamatan Patrang Jember

ASMUL, WAKIL (2024) Konstruksi Nilai-Nilai Ukhuwah Islamiyah Melalui Kegiatan Tasmik Al Quran Alumni Pondok Pesantren Al-Quran Ibnu Katsir Bersama Masyarakat di Kecamatan Patrang Jember. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
TESIS ASMUL WAKIL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (20MB)

Abstract

Wakil, Asmul. 2024. Konstruksi Nilai-Nilai Ukhuwah Islamiyah Melalui Kegiatan Tasmik Al Quran Alumni Pondok Pesantren Al-Quran Ibnu Katsir Bersama Masyarakat di Kecamatan Patrang Jember. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Dosen Pembimbing (1) Dr. Imam Bonjol Juhari, S.Ag., M.Si. (2) Dr. Ahmadiono M.E.I.

Kata Kunci: Konstruksi, Nilai-Nilai Ukhuwah Islamiyah, Tasmik Al-Quran, Bersama Masyarakat.

Para alumni Pondok Pesantren Al-Quran (PPA) Ibnu Katsir mempunyai rutinitas nilai-nilai Tamasya (Tasmik Al-Qur’an bersama Masyarakat) yang melibatkan santri dan masyarakat. Fadhilah didalamnya seringkali disebut dengan Living Quran. Berangkat dari pemaparan singkat diatas, Peneliti ingin mengetahui motivasi dasar yang melingkupi adanya simaan Al-Quran tamasya serta konstruksi.
Adapun fokus dari penelitian ini adalah Bagaimana peran alumni PPA Ibnu Katsir Jember pada Tasmik Al-Qur’an bersama masyarakat (Tamasya) dalam membangun nilai-nilai ukhuwah islamiyah antar alumni? Dan Bagaimana pemahaman alumni PPA Ibnu Katsir Jember mengenai konstruksi nilai-nilai ukhuwah islamiyah melalui kegiatan Tasmik Al-Qur’an bersama masyarakat? Dan pendekatan yang digunakan peneliti ialah pendekatan kualitatif, karena penelitian ini ingin mengetahui secara mendalam tentang konstruksi nilai-nilai ukhuwah islamiyah melalui kegiatan tasmik Al Qur'an bersama masyarakat pada Alumni Pondok Pesantren Al-Quran Ibnu Katsir Jember.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman alumni Pondok Pesantren Al-Quran Ibnu Katsir Jember mengenai kontruksi nilai-nilai ukhuwah dalam Al-Quran bahwa para alumni sudah diajari sejak di Pondok Pesantren Ibnu Katsir saling mencintai, saling menyayangi karena Allah saling tolong-menolong saling memberikan motivasi. Tasmik Bersama Masyarakat (Tamasya) dibentuk agar sebagai wadah alumni Untuk tetap menjaga sialturrahim dan persaudaraan, serta saling menjaga hafalannya dengan menyimak hafalan yang sudah di amanahkan kepada setiap pesertanya . Selain itu pula para alumni juga mengajak masyarakat untuk lebih mencintai dan memuliakan Al-Quran sebagai pedoman hidup.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1603 Demography > 160305 Population Trends and Policies
Divisions: Program Magister > Studi Islam
Depositing User: Men Asmul Wakil
Date Deposited: 09 Jul 2024 03:08
Last Modified: 09 Jul 2024 03:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36127

Actions (login required)

View Item View Item