Pembentukan Karakter Pelajar Rahmatan Lil Alamin Melalui Kegiatan Budaya Islami di SMK Hidayatul Mubtadi'in Sidodadi Tempurejo Jember

Saadah, Anis (2024) Pembentukan Karakter Pelajar Rahmatan Lil Alamin Melalui Kegiatan Budaya Islami di SMK Hidayatul Mubtadi'in Sidodadi Tempurejo Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ANIS SAADAH_T20171088.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Anis Saadah, 2024: Pembentukan Karakter PelajarRahmatan Lil Alamin Melalui Kegiatan Budaya Islami Di SMK Hidayatul Mubtadi’in Sidodadi Tempurejo Jember
Kata Kunci: Karakter Pelajar Rahmatan Lil Alamin, Budaya Islami
Karakter pelajar rahmatan lil alamin adalah nilai-nilai perilaku seorang pelajar yang mencerminkan sikap bertakwa, berakhlak mulia, serta beragama secara moderat dan berperilaku sesuai dengan norma-norma agama, hukum, tata krama,budaya dan adat istiadat. Melalui kegiatan budaya Islami guru dapat menanamkan karakter pelajar rahmatan lil alamin kepada peserta didik. Pada SMK Hidayatul Mubtadi’in ini melakukan pembentukan karakter pelajar rahmatan lil alamin dengan baik melalui kegiatan budaya islami. Karakter dibentuk supaya peserta didik memiliki sikap tanggung jawab, akhlak yang baik, jujur dan disiplin.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: (1) Bagaimanakah pembentukan karakter berkeadaban (ta’adub) pada pelajar Rahmatan lil ‘alamin melalui kegiatan budaya islami di SMK Hidayatul Mubtadi’in Sidodadi Tempurejo Jember. (2) Bagaimanakah pembentukan karakter keteladanan (qudwah) pada pelajar rahmatan lil ‘alamin melalui kegiatan budaya islami di SMK Hidayatul Mubtadi’in Sidodadi Tempurejo Jember. (3) Bagaimanakah pembentukan karakter toleransi (tasamuh) pada pelajar rahmatan lil ‘alamin melalui kegiatan budaya islami di SMK Hidayatul Mubtadi’in Sidodadi Tempurejo Jember. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pembentukan karakter keteladanan, pembentukan karakter berkeadaban, karakter toleransi pada pelajar rahmatan lil alamin di SMK Hidayatul Mubtadi’in Sidodadi Tempurejo Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam menentukan subjek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Pada Kondensasi data memiliki 4 tahapan yaitu menyeleksi data, pengerucutan, peringkasan dan penyederhanaan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah (1) pembentukan karakter berkeadaban dilaksanakan melalui kegiatan pembiasaan yang meliputi adab kepada guru, adab kepada sesama teman, adab berbicara, dan adab berpakaian. (2) pembentukan karakter keteladanan dilaksanakan melalui kegiatan keagamaan dan pendisiplinan. Kegiatan keagamaan meliputi: pembacaan istighotsah, pembacaan khotmil qur’an, pembacaan yasin tahlil, pembacaan asmaul husna, pelaksanaan sholat berjamaah, peringatan PHBI. Kegiatan pendisiplinan meliputi: hadir tepat waktu di sekolah, mengikuti kegiatan pembelajaran, adanya absen siswa di setiap pergantian jam pelajaran. (3) pembentukan karakter toleransi dilaksanakan melalui kegiatan sosial, menghindari kasus perundungan dan pembuliyan, mentaati peraturan dan tata tertib sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ANIS SAADAH
Date Deposited: 09 Jul 2024 07:44
Last Modified: 09 Jul 2024 07:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36140

Actions (login required)

View Item View Item