Analisis Berpikir Refraktif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Hippocrates di Kelas IX MTs Sunan Ampel Banyuwangi

Nur'aini, Dini (2024) Analisis Berpikir Refraktif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Hippocrates di Kelas IX MTs Sunan Ampel Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text (SK-039-TADRIS-MTK-2024)
DINI NUR'AINI_T20177044.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Berpikir refraktif adalah suatu proses dimana siswa mampu memecahkan masalah hingga mendapatkan jawaban melalui beberapa tahapan yaitu identifikasi masalah, strategi, dan evaluasi. Dengan berpikir refraktif siswa dapat memahami dan mengidentifikasi masalah sehingga membantu mengembangkan kemampuan berpikir dalam memecahkan masalah matematika. Siswa kelas IX MTs Sunan Ampel mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita khususnya materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) bagaimana kemampuan berpikir refraktif siswa dalam memecahkan masalah matematika yang memiliki kepribadian sanguinis? 2) bagaimana kemampuan berpikir refraktif siswa dalam memecahkan masalah matematika yang memiliki kepribadian koleris? 3) bagaimana kemampuan berpikir refraktif siswa dalam memecahkan masalah matematika yang memiliki kepribadian melankolis? 4) bagaimana kemampuan berpikir refraktif siswa dalam memecahkan masalah matematika yang memiliki kepribadian plegmatis?
Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek yang diteliti adalah 8 orang siswa kelas IX MTs Sunan Ampel dengan dua siswa sanguinis, dua siswa koleris, dua siswa melankolis, dan dua siswa plegmatis. Pengambilan subjek pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan pada kemampuan matematika dan kemampuan komunikasi siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Setiap hasil tes dianalisis berdasarkan indikator hubungan berpikir refraktif dengan pemecahan masalah. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis data dari Miles dan Huberman. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diperiksa keabsahannya menggunakan triangulasi teknik.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) subjek tipe kepribadian sanguinis dengan kemampuan matematika sedang hanya memenuhi 8 indikator berpikir refraktif, sedangkan kemampuan matematika rendah hanya memenuhi 6 indikator berpikir refraktif. 2) subjek tipe kepribadian koleris dengan kemampuan matematika sedang memenuhi semua indikator berpikir refraktif, sedangkan kemampuan matematika rendah hanya memenuhi 6 indikator berpikir refraktif. 3) subjek tipe kepribadian melankolis dengan kemampuan matematika sedang memenuhi semua indikator berpikir refraktif, sedangkan kemampuan matematika rendah hanya memenuhi 6 indikator berpikir refraktif. 4) subjek tipe kepribadian plegmatis dengan kemampuan matematika sedang memenuhi semua indikator berpikir refraktif, sedangkan kemampuan matematika rendah hanya memenuhi 5 indikator berpikir refraktif.

Kata Kunci : Berpikir Refraktif, Pemecahan Masalah, Tipe Kepribadian Hippocrates

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010111 Real and Complex Functions (incl. Several Variables)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Dini Nur'aini
Date Deposited: 09 Jul 2024 06:28
Last Modified: 09 Jul 2024 06:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36141

Actions (login required)

View Item View Item