Manajemen Pondok Pesantren Al-Bidayah Dalam Mengembangkan Unit Kewirausahaan Di Pondok Pesantren Al-Bidayah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember

Huzaini, Muhammad Fahrul (2024) Manajemen Pondok Pesantren Al-Bidayah Dalam Mengembangkan Unit Kewirausahaan Di Pondok Pesantren Al-Bidayah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MUHAMMAD FAHRUL HUZAINI_D20194011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (20MB)

Abstract

ABSTRAK
Muhammad Fahrul Huzaini, 2023: “Manajemen Pondok Pesantren Al-Bidayah dalam Mengembangkan Unit Kewirausahaan di Pondok Pesantren Al-Bidayah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember”.

Kata Kunci: Manajemen, Pondok Pesantren, dan Kewirausahaan.

Manajemen adalah proses pengorganisasian, pengaturan, pengelolaan, sampai dengan pengendalian agar bisa mencapai tujuan dari suatu kegiatan. sedangkan Pesantren mempunyai peran sebagai wadah pemberdayaan bagi masyarakat sekitar dan santri. Oleh karena itu di Pondok Pesantren Al-Bidayah seorang Kiai, Pengurus, dan santrinya mengembangkan unit kewirausahaannya agar hasil pendapatan dari wirausaha tersebut dapat membantu memenuhi kebutuhan di Pondok Pesantren.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah : 1. Bagaimana Manajemen Pondok Pesantren Al-Bidayah dalam Mengembangkan Unit Kewirausahaan di Pondok Pesantren Al-Bidayah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. 2. Apa Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Manajemen Pondok Pesantren Al-Bidayah dalam Mengembangkan Unit Kewirausahaan di Pondok Pesantren Al-Bidayah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember.
Tujuan penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui dan mendeskripsikan Manajemen Pondok Pesantren Al-Bidayah dalam Mengembangkan Unit Kewirausahaan di Pondok Pesantren Al-Bidayah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. 2. Untuk mengetahui dan mendeskripsikan Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Manajemen Pondok Pesantren Al-Bidayah dalam Mengembangkan Unit Kewirausahaan di Pondok Pesantren Al-Bidayah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Sedangkan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian yang telah ditemukan adalah sebagai berikut: 1. Perencanaan pengembangan SDM dilaksanakan dengan menetapkan tujuan, menjalin kerja sama instansi pemerintah, memberikan biaya transportasi, menyusun jadwal, dan menetapkan kepersetaan. Pengorganisasian pengembangan SDM dilakukan dengan membentuk struktur kepengurusan wirausaha. Pengarahan Manajemen SDM dilakukan dengan pemberian motivasi dan pelatihan. Pengawasan dilakukan secara langsung dan tidak langsung. 2. Faktor pendukung pengembangan SDM yaitu adanya subsidi dari pemerintah dan yayasan, sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan Faktor penghambat karena tidak tersedianya dana perawatan dan santri memiliki keterbatasan waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220402 Comparative Religious Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: M Muhammad Fahrul Huzaini
Date Deposited: 09 Jul 2024 06:18
Last Modified: 09 Jul 2024 06:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36157

Actions (login required)

View Item View Item