Masud, Moh. Ali (2024) PEMBELAJARAN KITAB IHYA ULUMUDDIN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRI PONDOK PESANTREN MANBAUL ULUM BERASAN MUNCAR BANYUWANGI DAN PONDOK PESANTREN FATHUL ULUM KWAGEAN PARE KEDIRI. Doctoral thesis, UIN KHAS JEMBER.
Text
MOH. ALI MASUD_203307020005.pdf Download (5MB) |
Abstract
Pembentukan karakter dalam pendidikan pesantren merupakan aspek penting yang
perlu dilaksanakan dan menjadi landasan bagi keberhasilan santri dalam menghadapi
tantangan kehidupan modern. Pesantren memiliki peran sentral dalam membentuk karakter
melalui pendekatan yang holistik, mengintegrasikan aspek agama, moral, dan kultural dalam
pembelajaran. Pembelajaran Kitab Ihya Ulumuddin dipilih karena menjadi rujukan utama
dalam tradisi keilmuan pesantren yang mencakup berbagai aspek kehidupan. Kitab ini tidak
hanya mengajarkan pemahaman agama, tetapi juga mengajarkan etika, moralitas, dan
kepemimpinan yang menjadi pondasi karakter yang kuat bagi santri.
Fokus Penelitian ini: 1. Bagaiman metode pembelajaran kitab ihya ulumuddin dalam
rangka pembentukan karakter santri pondok pesantren manbaul ulum berasan muncar
banyuwangi dan pondok pesantren fathul ulum kwagean pare kediri?, 2. Bagaimana materi
pembelajaran kitab ihya ulumuddin dalam rangka pembentukan karakter santri pondok
pesantren manbaul ulum berasan muncar banyuwangi dan pondok pesantren fathul ulum
kwagean pare kediri?, 3. Bagaimana implementasi pembelajaran kitab ihya ulumuddin dalam
rangka pembentukan karakter santri pondok pesantren manbaul ulum berasan muncar
banyuwangi dan pondok pesantren fathul ulum kwagean pare kediri?.
Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi multi situs. Teknik
purposive digunakan untuk menentukan subyek penelitian. Teknik pengumpulan data dengan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan
Huberman. Teknik uji keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi,
pengecekan teman sejawat, dan analisis kasus negatif.
Hasil penelitian: 1. Metode pembelajaran kitab Ihya Ulumuddin untuk membentuk
karakter santri di pesantren Manbaul Ulum Banyuwangi dan Pesantren Fathul Ulum Kediri
meliputi Bandongan/Wetonan, Demonstrasi/peragaan materi pembelajaran dan metode
Bahtsul Masaail/diskusi kelompok. 2. Materi pembelajaran kitab Ihya Ulumuddin untuk
membentuk karakter santri di kedua pesantren secara umum mencakup materi tentang adab
manusia dengan Allah swt dengan menjalankan taqwa yang sesungguhnya serta adab murid
kepada dirinya, adab murid kepada guru/kyai, adab murid kepada ilmu, adab murid dengan
orang tua, adab murid dengan orang lain, dan adab murid dengan lingkungan/bangsa dan
negara, 3. Implementasi pembelajaran kitab Ihya Ulumuddin untuk membentuk karakter
santri di kedua pesantren dilaksanakan melalui lima tahapan pembelajaran, yaitu: mujahadah
(memerangi nafasu), muraqabah (selalu megingat allah), riyadloh (melatih nafsu), tazkiyah
annafs (membersihkan nafsu), dan tahliyah annafs (menghiasi nafsu). Pembelajaran kitab
Ihya Ulumuddin memainkan peran penting dalam membentuk karakter santri di kedua
pesantren dengan menginternalisasi nilai-nilai moral dan spiritual, memperkuat identitas
keislaman serta memperdalam pemahaman tentang ajaran Islam. Dengan demikian,
pembelajaran Kitab Ihya Ulumuddin dapat menjadi salah satu sarana efektif dalam upaya
pembentukan karakter santri di pondok pesantren.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education |
Divisions: | Program Doktoral > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dr. Hamam hamam |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 09:16 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 09:16 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36167 |
Actions (login required)
View Item |