Strategi Kementerian Agama Lumajang Dalam Mencegah Paham Radikalisme Di Kabupaten Lumajang

Quthbul Amin, Muhammad Ulil (2024) Strategi Kementerian Agama Lumajang Dalam Mencegah Paham Radikalisme Di Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, UIN Khas Jember.

[img] Text
Muhammad Ulil Quthbul Amin - D20171097 - Watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Muhammad Ulil Quthbul Amin : “Strategi Kementerian Agama Lumajang Dalam Mencegah Paham Radikalisme Di Kabupaten Lumajang”

Kata Kunci: Strategi, Paham Radikalisme

Strategi disusun pada dasarnya untuk membentuk response terhadap perubahan eksternal yang relevan dari suatu organisasi (lembaga). Perubahan eksternal tersebut tentunya akan dijawab dengan memperhatikan kemampuan internal dari suatu organisasi atau lemabaga. Sampai seberapa jauh suatu organisasi dapat memanfaatkan peluang dan meminimalkan ancaman dari luar untuk memperoleh manfaat yang maksimal dengan mendayagunakan keunggulan organisasi yang dimiliki pada saat ini.
Fokus Penelitian:(1)Bagaimana strategi Kementerian Agama Lumajang dalam mencegah paham radikalisme.?(2)Apa saja kendala dan solusi Kementerian Agama Lumajang dalam mencegah paham radikalisme.?
Tujuan Penelitian:(1)Mendeskripsikan strategi kementerian Agama Lumajang dalam mencegah paham radikalisme.(2)Mendeskripsikan kendala dan solusi Kementerian Agama Lumajang dalam mencegah paham radikalisme.
Metode Penelitian dalam penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif dengan jenis kualitatif Deskriptif. Teknik Pengumpulan data mengunakan, Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Analisis data menggunakan: Reduksi data, Penyajian data, Penarikan Kesimpulan. Keabsahan dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber.
Hasil penelitian:(1)Upaya pencegahan paham Radikalisme di Kabupaten Lumajang, Kementerian Agama Lumajang mengaplikasikan strategi melalui: Revitalisasi Pemahaman Moderasi Beragama, Kerjasama Internal Dan Eksternal Lembaga, Melakukan Pendeteksian Paham Atau Aliran Sempalan Sejak Dini, Melakukan Kegiatan Pelatihan Dan Pertemuan Tokoh Lintas Agama, Melakukan kegiatan perlombaan menyanyikan lagu moderasi beragama, Melakukan Kegiatan Penguatan Keagamaan Dan Kegiatan Pembinaan-Pembinaan, Pembentukan Program Kader Moderasi Bergama, Edukasi Moderasi Beragama Melalui Media Digital, Melakukan Teguran dan Sanksi Administratif atau Punishment, Melakukan Antisipasi atau Pemantauan Terhadap Masyarakat. Kendala Kementerian Agama Lumajang Dalam Upaya Kegiatan Pencegahan Paham Radikalisme Di Kabupaten Lumajang yaitu: Keterbatasan Dana Dalam Mengaplikasikan Kegiatan, Pemilihan SDM Kader Atau Kelompok Penggerak Moderasi Beragama, Kurangnya Rasa Solidaritas Dari Stakeholder, Pendeteksian Gerakan Pencegahan Radikalisme Kurang Maksimal, Tingkat Manajemen Waktu Kurang Efesien, Pengaruh Negatif Perkembangan Teknologi, Kegiatan Pembinaan Penyuluh Tidak Efektif.(2)Solusi Kementerian Agama Lumajang Dalam Mencegah Paham Radikalisme yaitu: Terjalinnya Hubungan Baik Dengan Organisasi Masyarakat, Menguatkan Empat Pilar Wawasan Kebangsaan dan masyarakat sadar hukum bagi peserta didik dan seluruh elemen masyarakat, Membangun Intensitas Kebersamaan Pencegahan Radikalsime Dengan Pimpinan Daerah, FKUB Dan Lembaga Pendidikan, Melakukan Pendekatan Persuasif Dan Komunikatif Melalui Hubungan Emosinal Terhadap Masyarakat, Peka Terhadap Isu Sosial Keagamaan dan Simulasi Manajemen Konflik, Memanfaatkan Teknologi Dalam Upaya Pencegahan Paham Radikalisme, Evaluasi Pencapaian Hasil Kerja Penyuluh Agama Lumajang, Memiliki kader penggerak Gerakan Siswa Moderat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1605 Policy and Administration > 160512 Social Policy
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160801 Applied Sociology, Program Evaluation and Social Impact Assessment
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr Muhammad Ulil Quthbul Amin
Date Deposited: 09 Jul 2024 07:09
Last Modified: 09 Jul 2024 07:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36189

Actions (login required)

View Item View Item