Implementasi Manajemen Risiko Pembiayaan Qardhul Hasan Guna Menjaga Kelangsungan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pada BMT NU Jawa Timur Cabang Sumberasih Probolinggo

isbandri, rian (2024) Implementasi Manajemen Risiko Pembiayaan Qardhul Hasan Guna Menjaga Kelangsungan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pada BMT NU Jawa Timur Cabang Sumberasih Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-121-PS-2024)
RIAN ISBANDRI_E20191044.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Rian Isbandri, Khairunnisa Musari, 2024: Implementasi Manajemen Risiko Pembiayaan Qardhul Hasan Guna Menjaga Kelangsungan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pada BMT NU Jawa Timur Cabang Sumberasih Probolinggo
Kata Kunci: Manajemen Risiko, Pembiayaan Qardhul Hasan dan UMKM
Manajemen risiko berperan sentral dalam mengidentifikasi, mengukur, memantau, dan mengendalikan risiko yang terkait dengan aktivitas bisnis. Tujuan utama dari praktik manajemen risiko ini adalah untuk memastikan bahwa aktivitas bisnis dilakukan secara terarah, terintegrasi, dan berkelanjutan dengan tingkat risiko yang sesuai. Efisiensi pengelolaan dana oleh BMT memiliki dampak langsung terhadap tingkat risiko yang dihadapi oleh lembaga. Semakin tinggi tingkat inefisiensi dalam pengelolaan dana BMT, semakin besar pula risiko yang harus dihadapi oleh lembaga tersebut. Adanya risiko ini merupakan keniscayaan dalam operasional BMT, namun demikian, risiko tersebut dapat dielola dan dikendalikan melalui serangkaian proses dan metode yang diterapkan dalam praktik manajemen risiko. Dengan demikian, BMT membutuhkan pendekatan yang holistik dan berdaya guna dalam upaya mengidentifikasi, mengukur, memantau, dan mengendalikan risiko dari seluruh aktivitas bisnisnya, menjadikan manajemen risiko sebagai suatu kebutuhan esensial dalam menjaga keberlanjutan operasional dan stabilitas keuangan.
Fokus penelitian ini adalah 1. Bagaimana identifikasi pembiayaan Qardhul Hasan yang dilaksanakan BMT NU Jawa Timur Cabang Sumberasih Probolinggo?., 2. Bagaimana implementasi manajemen risiko pembiayaan Qardhul Hasan guna menjaga kelangsungan UMKM di BMT NU Jawa Timur Cabang Sumberasih Probolinggo?.
Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui mekanisme pembiayaan Qardhul Hasan yang dilaksanakan BMT NU Jawa Timur Cabang Sumberasih Probolinggo., 2. Untuk mengetahui implementasi manajemen risiko pembiayaan Qardhul Hasan guna menjaga kelangsungan UMKM di BMT NU Jawa Timur Cabang Sumberasih Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta analisis yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1. Dalam proses identifikasi pembiayaan qardhul hasan pada BMT NU Jawa Timur Cabang Sumberasih Probolinggo sudah menerapkan prinsip 5C yaitu character, capacity, capital, collateral, condition of economy.. 2. Manajemen risiko pembiayaan Qardhul hasan di BMT NU Jawa Timur Jawa Timur Cabang Sumberasih telah terlaksana dengan baik, dan implementasinya sesuai dengan prinsip-prinsip teori yang telah dipaparkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150205 Investment and Risk Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr Rian Isbandri
Date Deposited: 09 Jul 2024 07:42
Last Modified: 09 Jul 2024 07:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36203

Actions (login required)

View Item View Item