Pengaruh Pajak Hotel, Restoran, dan Hiburan terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Jember

Aprilia, Reza Ananda (2024) Pengaruh Pajak Hotel, Restoran, dan Hiburan terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Reza Ananda Aprilia_201105030026.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pajak Daerah merupakan salah satu jenis Pendapatan Asli Daerah yang potensial untuk meningkatkan pertumbuhan pendapatan daerah. Meningkatnya PAD juga membantu meningkatkan kesempatan bagi suatu daerah untuk melakukan pembangunan dan perkembangan. Pajak Daerah memiliki beberapa jenis diantaranya Pajak Hotel, Pajak Restoran dan Pajak Hiburan
Rumusan masalah dari penelitian ini ialah sebagai berikut (1) Apakah terdapat pengaruh signifikan Pajak Hotel terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Jember? (2) Apakah terdapat pengaruh signifikan Pajak Restoran terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Jember? (3) Apakah terdapat pengaruh signifikan Hiburan terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Jember?
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh signifikan dari pajak hotel terhadap PAD Kabupaten Jember (2) untuk mengetahui pengaruh signifikan dari pajak restoran terhadap PAD Kabupaten Jember (3) untuk mengetahui pengaruh signifikan dari pajak hiburan terhadap PAD Kabupaten Jember.
Pada penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Populasi dalam penelitian ini ialah Laporan Realisasi bulanan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Jember sejak bulan Januari 2021- September 2023, yang diperoleh dari data sekunder. Menggunakan alat penelitian e-views 12, untuk melakukan analisis data dan pengujian hipotesis.
Hasil uji T menunjukkan bahwa Pajak Hotel memiliki nilai prob 0,7654>0,05 hal ini berarti bahwa Pajak Hotel berpengaruh namun tidak signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah. Pajak Restoran memiliki nilai prob 0,0034<0,05 yang mengartikan bahwa Pajak Restoran berpengaruh secara signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah. Sedangkan Pajak Hiburan memiliki nilai prob 0,3730>0,05 yang berarti bahwa Pajak Hiburan berpengaruh namun tidak sighnifikan terhadap PAD. Pada pelaporan keuangan, pemda menggunakan LKPD sesuai dengan SAP yang berlaku, di mana pajak hotel, restoran dan hiburan masuk dalam kategori hasil pajak.
Kata Kunci: Pajak Hotel, Pajak Restoran, Pajak Hiburan dan PAD

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms Reza Ananda Aprilia
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:36
Last Modified: 09 Jul 2024 02:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36204

Actions (login required)

View Item View Item