Penerapan Metode Resitasi dalam Mengembangkan Karakter Tanggungjawab, Komitmen Tugas, dan Disiplin Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IX di SMP Negeri 7 Jember Tahun Pelajaran 20023/2024

Indartik, Khurroatul Ayuning (2024) Penerapan Metode Resitasi dalam Mengembangkan Karakter Tanggungjawab, Komitmen Tugas, dan Disiplin Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IX di SMP Negeri 7 Jember Tahun Pelajaran 20023/2024. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-130-PAI-2024)
kHURROATUL AYUNING INDARTIK WAtermark fixxx.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Metode resitasi yang disebut dengan metode pekerjaan rumah atau pemberian tugas yaitu cara menyajikan bahan pelajaran dimana guru memberikan sejumlah tugas terhadap siswa-siswanya di luar jam pelajaran dimana penyelesaiannya dapat dilakukan di perpustakaan, laboratorium, rumah dan sebagainya untuk selanjutnya dipertanggung jawabkan kepada guru. Tujuan metode pemberian tugas ini agar siswa terbiasa mengulang pelajarannya dan juga untuk mengisi waktu luang siswa sehingga menjadi lebih produktif serta untuk memupuk rasa tanggung jawab siswa terhadap tugas atau latihan yang diberikan guru kepadanya.
Fokus Penelitian ini adalah : 1) Bagaimana pelaksanaan penerapan metode resitasi dalam mengembangkan karakter tanggungjawab, komitmen tugas dan disiplin belajar pada mata pelajaran PAI Kelas IX di SMP Negeri 7 Jember? 2).Bagaimana evaluasi penerapan metode resitasi dalam mengembangkan karakter tanggungjawab, komitmen tugas dan disiplin belajar pada mata pelajaran PAI Kelas IX di SMP Negeri 7 Jember?.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan pelaksanaan penerapan metode resitasi dalam mengembangkan karakter tanggungjawab, komitmen tugas dan disiplin belajar pada mata pelajaran PAI Kelas IX di SMP Negeri 7 Jember? 2) Mendeskripsikan evaluasi penerapan metode resitasi dalam mengembangkan karakter tanggungjawab, komitmen tugas dan disiplin belajar pada mata pelajaran PAI Kelas IX di SMP Negeri 7 Jember?
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan, teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. teknik dalam proses pengumpulan data, seperti: observasi, wawancara, dokumentasi, Teknik analisis data menggunakan Kondensasi Data,penyajian data dan penarikan kesimpulan, Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi Teknik.
Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa:1) pelaksanaan pembelajaran menggunakan tiga tahap kegiatan yaitu: (a) kegiatan pendahuluan, (b) kegiatan inti, (c) kegiatan penutup. 2) evaluasi pembelajaran dilakukan guru melalui tes tulis bentuk uraian untuk menunjukkan hasil nilai siswa yang sempurna, penilaian observasi dilakukan untuk mengamati sikap siswa selama pembelajaran, serta guru menilai keaktifan dan kekreatifan siswa pada saat mempresentasikan pembelajaran.
Kata Kunci : Metode Resitasi, karakter tanggungjawab, pendidikan agama islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Khurroatul Ayuning Indartik
Date Deposited: 09 Jul 2024 03:00
Last Modified: 09 Jul 2024 03:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36212

Actions (login required)

View Item View Item