Manajemen Program BUQA dalam Membangun Budaya Religius di Sekolah Menengah Pertama Negeri 04 Jember

Mrs,, Linda Datil (2024) Manajemen Program BUQA dalam Membangun Budaya Religius di Sekolah Menengah Pertama Negeri 04 Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
Linda Datil Karomah_NIM. 202101030077-1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci: Manajemen, Al-Qur’an, Budaya Religius

Di era gempuran serba teknologi saat ini terdapat beberapa ancaman-ancaman terhadap moral bangsa. Salah satunya yang terjadi yakni, hilangnya keyakinan terhadap agama. Melalui adanya manajemen program BUQA terhadap peserta didik akan membantu sekolah untuk menerapkan nilai-nilai keagamaan dan membangun moral sesuai tujuan dari sila yang pertama. Berdasarkan hasil observasi peneliti, program BUQA merupakan kegiatan pembiasaan yang terprogram yang hanya berada di SMPN 04 Jember. Yang dimana pada program tersebut terdapat sistem pelaksanaan yang berbeda dengan kegiatan rutin setiap hari Jum’at dibeberapa sekolah lain pada umumnya.
Fokus dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan program BUQA dalam membangun budaya religius di SMPN 04 jember? 2) Bagaimana pelaksanaan program BUQA dalam membangun budaya religius di SMPN 04 jember? 3) Bagaimana evaluasi program BUQA dalam membangun budaya religius di SMPN 04 jember?
Tujuan penelitian dalam penelitian ini ialah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan program BUQA dalam membangun budaya religius di SMPN 04 jember, 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan program BUQA dalam membangun budaya religius di SMPN 04 jember, 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi program buqa dalam membangun budaya religius di SMPN 04 jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pada penelitian kualitatif ini peneliti ingin mendeskripsikan hasil temuan yang didapat dalam penelitian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Mengenai analisis data menggunakan teori dari Miles Huberman dan Saldana yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan program BUQA berhasil menumbuhkan budaya religius pada siswa SMPN 04 Jember melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. 1) Perencanaan melibatkan penetapan tujuan, strategi, dan rapat sosialisasi. 2) Pelaksanaan meliputi implementasi dari hasil perencanaan terkait teknis pelaksanaan BUQA, adanya motivasi dan sanksi. Selanjutnya 3) Evaluasi dilakukan melalui rapat evaluasi, dan untuk evaluasi dari hasil program BUQA dilakukan dengan cara tes baca al-qur’an pada saat ujian kenaikan kelas, dimana kefasihan membaca Al-Qur'an menjadi syarat kenaikan kelas, namun hal ini belum menjadi syarat mutlak hanya sebagai uji coba terlebih dahulu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Linda Datil Karomah
Date Deposited: 09 Jul 2024 03:54
Last Modified: 09 Jul 2024 03:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36217

Actions (login required)

View Item View Item