Tes Kesehatan Syarat Pra Nikah Perspektif Maqoshid Syari'ah (Study Kasus di KUA Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi)

Issadana, Ganda Wahyu (2024) Tes Kesehatan Syarat Pra Nikah Perspektif Maqoshid Syari'ah (Study Kasus di KUA Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi). Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-026-HK-2024)
Ganda Wahyu Issadana_Finall 2024 (Revised) lengkap watermax.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Ganda Wahyu Issadana, 2022: Tes Kesehatan Syarat Pra Nikah Perspektif Maqoshid Syariah (Studi Kasus di KUA Kecamatan Siliragung)
Kata Kunci: Tes, Maqoshid Syari’ah, Pra nikah, Kesehatan
Peraturhan mengenai tes Kesehatan pra nikah sudah berlaku sejak lama, namun tetap saja kesadaran masyarakat akan hal itu masih sangat rendah. Masyarakat belum menyadari akan pentingnya tes Kesehatan pra nikah yang dianjurkan oleh KUA setempat. Pemeriksaan Kesehatan pra nikah sangat penting dilakukan untuk mengetahui kondisi Kesehatan masing-masing calon pengantin. Terlebih dapat mengurangi pencegahan penyakit yang lebih serius dan penyebaran penyakit Menular seksual.
Penelitian ini berfokus pada 1) Bagaimana pelaksanaan tes Kesehatan pra nikah di KUA Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi? 2) Bagaimana tinjauan Maqashid Syari’ah terhadap pelaksanaan tes Kesehatan pra nikah di KUA Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi? Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pelaksanaan tes Kesehatan pra nikah di KUA Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi 2) untuk mengetahui Maqashid Syari’ah terhadap pelaksanaan tes Kesehatan pra nikah di KUA Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi.
Penelitian ini memanfaatkan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi lapangan (field research) di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi. Pengambilan data dilakukan melalui wawancaraz peneliti dengan Kepala KUA dan beberapa calon pengantin di Kecamatan Siliragung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Program pemeriksaan Kesehatan pra nikah di KUA Kecamatan Siliragung telah berjalan sesuai MoU (Memorandum of Understanding) yang diselenggarakan dengan puskesmas setempat. Dalam prosesnya, KUA tidak hanya sekedar melaksanakan pencatatan pernikahan tetapi juga berperan dalam melayani konsultasi pernikahan khususnya terkait pemeriksaan Kesehatan pranikah demi terwujudnya keluarga yang sejahtera. 2) Berdasarkan hasil wawancaraz dengan Kepala KUA dan beberapa calon pengantin di Kecamatan Siliragung, pemeriksaan Kesehatan sangat diperlukan untuk mengurangi risiko penyebaran penyakit Menular seksual. Hal tersebut sesuai dengan gambaran para ulama tentang teori bahwa maqashid syariah harus bertumpu pada 5 pokok kemaslahatan yaitu: kemaslahatan agama (hifz ad-din), jiwa (hifz al-nafs), akal (hifz al-aql), keturunan (hifz al-nasl) dan harta (hifz al-mal).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Mis Ganda wahyu Issadana
Date Deposited: 09 Jul 2024 06:09
Last Modified: 18 Jul 2024 02:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36223

Actions (login required)

View Item View Item