Tiyanto Putri, Sastika (2024) Penerapan Model Pembelajaran Window Shopping Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 1 Rambipuji Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kh. Achmad Siddiq Jember.
Text (SK-061-TADRIS-IPS-2024)
SKRIPSI SASTIKA TIYANTO PUTRI B5.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Sastika Tiyanto Putri, : Penerapan Model Pembelajaran Window Shopping
Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran IPS di
SMPN Rambipuji Tahun Pelajaran .
Kata Kunci: Model Window Shopping, Keaktifan Belajar Siswa, Mata pelajaran IPS.
Latar belakang penelitian ini adalah sebagian besar aktivitas belajar siswa masih
rendah dalam proses pembelajaran berlangsung, masih banyak siswa yang pasif, enggan
memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru, sehingga pembelajaran yang
diberikan menjadi kurang maksimal, sehingga berdampak terhadap keaktifan belajar
siswa yang menurun. Mata Pelajaran IPS yang dilaksanakan di sekolah menengah
pertama khususnya di SMPN Rambipuji sebagaimana hasil observasi peneliti masih
adanya beberapa kendala dan permasalahan yang terkait dengan penggunaan model
pembelajaran. Salah satu permasalahan tersebut adalah masih adanya pembelajaran
metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan penugasan yang dilakukan oleh beberapa
guru, khususnya di SMPN Rambipuji. Akan tetapi ada salah satu guru IPS yang
mengajar di kelas VII di SMPN Rambipuji, mempunyai inisiatif sendiri untuk
mengubah pembelajaran yang cenderung membosankan menjadi pembelajaran yang
menyenangkan dengan cara memanfatkan sebuah model pembelajaran Window
Shopping ke dalam mata pelajaran IPS khususnya pada materi Tema Pemberdayaan
Masyarakat. Model pembelajaran ini sangat menarik untuk diterapkan, karena dapat
menunjukkan keberanian, partisipasi serta kreativitas belajar siswa dalam memahami
materi mata pelajaran IPS.
Fokus penelitian skripsi ini meliputi: ( ) Bagaimana keberanian siswa terhadap
Penerapan Model Pembelajaran Window Shopping Dalam Meningkatkan Keaktifan
Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran IPS di SMPN Rambipuji Tahun
Pelajaran ?, ( ) Bagaimana partisipasi siswa terhadap Penerapan Model
Pembelajaran Window Shopping Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas
VII Pada Mata Pelajaran IPS di SMPN Rambipuji Tahun Pelajaran ?, ( )
Bagaimana kreativitas belajar siswa terhadap Penerapan Model Pembelajaran Window
Shopping Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran
IPS di SMPN Rambipuji Tahun Pelajaran ?.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus, subjek
penelitian yang dipilih dengan cara purposive adapun teknik pengumpulan datanya
menggunakan tiga teknik yaitu : observasi, wawancara, dan dokumentasi. sedangkan
analisis datanya menggunakan model interaktif Miles and Hubermen yaitu
pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Adapun hasil yang didapat dari penelitian ini: ) keberanian siswa terhadap
penerapan model pembelajaran Window Shopping dalam meningkatkan keaktifan
belajar siswa pada mata pelajaran IPS yaitu siswa memiliki keberanian dalam
menuangkan ide serta pendapatnya dalam kelompok untuk mengerjakan tugas membuat
karya mind mapping materi Pemberdayaan Masyarakat dengan mencari salah satu bukti keragaman budaya hasil akulturasi, serta berani dalam mengutarakan hasil karya
tersebut untuk dijelaskan kepada anggota kelompok yang lain. ) partisipasi siswa
terhadap penerapan model pembelajaran Window Shopping dalam meningkatkan
keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS yaitu seluruh anggota kelompok terlibat
langsung dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas membuat karya mind
mapping sehingga semua siswa aktif mengikuti alur dan langkah-langkah model
pembelajaran Window Shopping. ) kreativitas belajar siswa terhadap penerapan model
pembelajaran Window Shopping dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata
pelajaran IPS yaitu setiap siswa dalam anggota kelompok mampu berkreasi dan
mengembangkan bakat mereka dalam mengerjakan tugas membuat karya mind mapping
agar terlihat indah dan menarik serta mampu menjelaskan isi dari mind mapping mereka
secara jelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Ms Sastika Tiyanto Putri |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 01:56 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 01:56 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36227 |
Actions (login required)
View Item |