Penerapan Metode Pembelajaran Nahwu Angkringan Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Fathul Qorib Di Pondok Pesantren Mamba’ul Khoiriyatil Islamiyah Bangsalsari Jember

Naziliya, Nibros (2024) Penerapan Metode Pembelajaran Nahwu Angkringan Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Fathul Qorib Di Pondok Pesantren Mamba’ul Khoiriyatil Islamiyah Bangsalsari Jember. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
TESIS NIBROS NAZILIYA_203206030041.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Nibros Naziliya, 2024, “Penerapan Metode Pembelajaran Nahwu Angkringan Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Fathul Qorib di Pondok Pesantren Mambaul Khoiriyatil Islamiyyah Bangsalsari Jember” Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Pembimbing I : Dr. Abd. Muhith, S.Ag, M.Pd.I
Pembimbing II : Dr. H. Mustajab, S.Ag, M.Pd.I

Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Ilmu Nahwu, Kitab Kuning.

Dalam konteks pembelajaran kitab kuning di pesantren di Indonesia tentu memiliki berbagai metode yang diterapkan. Untuk dapat memahami isi kitab kuning, maka pesantren perlu untuk mengajarkan Bahasa Arab khususnya ilmu nahwu. Dalam pembelajaran ilmu nahwu membutuhkan metode agar memudahkan pemahaman santri, sehingga akselerasi pembelajaran kitab kuning dapat tercapai dengan efektif dan efisien.
Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu; 1) Bagaimana perencanaan Metode Nahwu Angkringan dalam mengembangkan kemampuan membaca kitab Fathul Qorib di Pondok Pesantren Mamba’ul Khoiriyatil Islamiyyah Bangsalsari Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan Metode Nahwu Angkringan dalam mengembangkan kemampuan membaca kitab Fathul Qorib di Pondok Pesantren Mamba’ul Khoiriyatil Islamiyyah Bangsalsari Jember? 3) Bagaimana evaluasi Metode Nahwu Angkringan dalam mengembangkan kemampuan membaca kitab Fathul Qorib di Pondok Pesantren Mamba’ul Khoiriyatil Islamiyyah Bangsalsari Jember?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi Metode Nahwu Angkringan dalam mengembangkan kemampuan membaca kitab Fathul Qorib di Pondok Pesantren Mamba’ul Khoiriyatil Islamiyyah Bangsalsari Jember.
Metode penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan jenis penelitian adalah penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan teknik analisis data kualitatif interaktif model Miles, Huberman dan J. Saldana. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, triangulasi tehnik, dan member check.
Berdasarkan hasil penelitian dalam tesis ini yaitu 1) Perencanaan Metode Nahwu Angkringan di Pondok Pesantren MHI Bangsalsari Jember adalah sebagai berikut: a) merumuskan tujuan pembelajaran, b) menentukan materi pembelajaran, c) menentukan alokasi waktu, d) menentukan media pembelajaran, 2) pelaksanaan Metode nahwu Angkringan adalah sebagai berikut: a. kegiatan pendahuluan, yaitu dengan tawassul, nazaman, salam dan berdoa, dan cek presensi, b. kegiatan inti, yaitu menjelaskan materi, sesi bertanya, diskusi dan persentasi, c. kegiatan penutup, review materi yang dijelaskan, apresiasi dan motivasi, tugas harian, dan berdoa. 3) evaluasi Metode Nahwu Angkringan, adalah sebagai berikut: a) terdapat evaluasi mingguan, dan bulanan, b) evaluasi mingguan dilakukan dengan tes lisan, diskusi, dan Sorogan, c) evaluasi bulanan yaitu UTS dan UAS. d) indikator tes lisan yaitu mampu menjawab pertanyaan sorogan, e) indikator membaca kitab Fathul Qorib yaitu sesuai kaidah ilmu nahwu.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200409 Arabic Linguistics > 20040901 'Ilmu al-Nahw (Arabic Syntax and Grammar)
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Nibros Naziliya
Date Deposited: 11 Jul 2024 06:04
Last Modified: 11 Jul 2024 06:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36240

Actions (login required)

View Item View Item