Praktik Poligami Tokoh Agama Islam Di Kabupaten Jember

Qolby, Ahmad (2024) Praktik Poligami Tokoh Agama Islam Di Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-024-HK-2024)
c. REVISI SKRIPSI NURI WM.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Praktik poligami menjadi salah satu isu yang menarik untuk dibahas dalam bidang hukum keluarga khususnya hukum perkawinan. Negara telah memberikan aturan dalam praktik poligami untuk melindungi kepentingan para pihak terutama pihak perempuan (isteri) sebagaimana yang diatur di dalam Undang-Undang Perkawinan dan KHI. Terkait demikian, faktanya, ketentuan tersebut tidak dijalankan oleh masyarakat. Menanggapi hal tersebut, sebagian ulama mendukung praktek poligami. Sebagian ulama lainnya yang dianggap sebagai ulama kontemporer, tidak sependapat dengan praktek poligami karena beranggapan bahwa sesungguhnya Islam menganut prinsip monogami yaitu mempunyai isteri satu.
Fokus penelitian ini meliputi 2 (dua) rumusan masalah yakni: 1) Apa Motivasi yang Melatarbelakangi Praktik Poligami Tokoh Agama Islam di Kabupaten Jember? 2) Bagaimana Model Praktik Poligami Tokoh Agama Islam di Kabupaten Jember? 3) Bagaimana Dampak Poligami yang Diakukan oleh Tokoh Agama Islam di Kabupaten Jember Terhadap Terciptanya Rumah Tangga yang Harmonis?
Tujuan peneliti ini yaitu: 1) Mengetahui Motivasi yang Melatarbelakangi Praktik Poligami Tokoh Agama Islam di Kabupaten Jember. 2) Memahami dan menguraikan Model Praktik Poligami Tokoh Agama Islam di Kabupaten Jember. 3) Memahami dan Menguraikan Dampak Poligami yang Diakukan oleh Tokoh Agama Islam di Kabupaten Jember Terhadap Terciptanya Rumah Tangga yang Harmonis.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis empiris yang berupa penelusuran terhadap gejala hukum yang terjadi dalam kehidupan masyarakat berkenaan dengan hukum dan praktik poligami khususnya praktik poligami tokoh agama Islam di Kabupaten Jember dengan pendekatan kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawncara dan observasi.
Hasil kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Motivasi yang melatarbelakangi praktik poligami tokoh agama Islam di Kabupaten Jember, yakni meliputi 5 (lima) kategori yang didasarkan pada teori hierarki kebutuhan Abraham Maslow yaitu: Kebutuhan Fisiologi, Kebutuhan Rasa Aman, Kebutuhan Rasa Cinta, Kebutuhan Penghargaan, Kebutuhan Aktualisasi Diri. 2) model praktik poligami tokoh agama Islam di Kabupaten Jember, meliputi 3 (tiga) hal yaitu: Perkawinan Dilakukan Secara Sirri, Isteri Harus Menerima dan Mantaati Keputusan Suami, Ketika Para Isteri Tidak Berselisih dan Rukun, maka Sudah Memenuhi Konsep Keadilan. 3) Dampak poligami yang diakukan oleh tokoh agama Islam di Kabupaten Jember terhadap terciptanya rumah tangga yang Harmonis sangat berpengaruh pada psikologi isteri, psikologi anak, dan juga keharmonisan keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Sir Nuri Qolby
Date Deposited: 09 Jul 2024 06:19
Last Modified: 09 Jul 2024 06:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36241

Actions (login required)

View Item View Item