Analisis Wacana Kritis Teun A. Van Dijk Program Blak-Blakan "Batik dan Pakaian Khas Lumajang" pada Radar Semeru TV

Ali, Muhammad Sidkin (2024) Analisis Wacana Kritis Teun A. Van Dijk Program Blak-Blakan "Batik dan Pakaian Khas Lumajang" pada Radar Semeru TV. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Sidkin Ali - D20171008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Muhammad Sidkin Ali, 2024: Analisis Wacana Teun A. Van Dijk Program Blak-Blakan Batik dan Pakaian Khas Lumajang pada Radar Semeru TV.

Kata Kunci: Analisis Wacana, Teun A Van Dijk, Batik dan Pakaian Khas Lumajang, Radar Semeru TV

Perkembangan teknologi informasi yang massif menyebabkan media cetak harus beradaptasi dengan cepat dan tepat. Salah satunya dengan konvergensi. Surat Kabar Harian Jawa Pos Radar Semeru telah berkonvergensi dengan media sosial untuk mempertahankan eksistensinya melalui Radar Semeru TV. Salah satu tayangan yang banyak diapresiasi khalayak adalah program unggulan Blak-Blakan edisi Batik dan Pakaian Khas Lumajang, Milik Siapa. Topik bahasan Peraturan Bupati Nomor 23 Tahun 2016 tentang Pakaian Dinas Pegawai dan Pejabat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lumajang dinilai menimbulkan polemik dan kontroversi. Khususnya penggunaan batik dan pakaian khas Lumajang.
Fokus penelitian ini yaitu: 1) Apa makna teks dalam program Blak-blakan Batik dan Pakaian Khas Lumajang pada Radar Semeru TV? 2) Apa pesan program Blak-blakan Batik dan Pakaian Khas Lumajang pada Radar Semeru TV? 3) Bagaimana wacana yang dibangun dalam program Blak-blakan Batik dan Pakaian Khas Lumajang pada Radar Semeru TV?
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui makna teks yang dikembangkan dalam program Blak-blakan Batik dan Pakaian Khas Lumajang pada media Radar Semeru TV. (2) Mengetahui pesan laten program Blak-blakan Batik dan Pakaian Khas Lumajang pada media Radar Semeru TV. (3) Mengkritisi wacana yang dibangun dalam program Blak-blakan Batik dan Pakaian Khas Lumajang pada media Radar Semeru TV.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan kritis. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Adapun analisis data menggunakan teori Teun A. Van Dijk yaitu, struktur teks, kognisi sosial dan konteks sosial. Sedangkan untuk uji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Program Blak-Blakan edisi Batik dan Pakaian Khas Lumajang pada Radar Semeru TV mengulas makna struktur teks, kognisi sosial dan konteks sosial dari pembawa acara dan narasumber; 2) Pesan laten program Blak-Blakan edisi Batik dan Pakaian Khas pada Radar Semeru TV disampaikan dengan maksud agar peraturan Bupati Nomor 23 Tahun 2016 itu dikaji ulang; 3) Ada dua wacana yang dibangun. Yakni identitas Lumajang belum muncul pada batik dan pakaian khas Lumajang. Selanjutnya, belum ada penguatan secara hukum pada hak kekayaan intelektual terkait batik dan pakaian khas Lumajang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis Wacana, Batik dan Pakaian Khas Lumajang, Radar Semeru TV, Teun A. Van Dijk
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr Muhammad Sidkin Ali
Date Deposited: 09 Jul 2024 06:24
Last Modified: 09 Jul 2024 06:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36246

Actions (login required)

View Item View Item