Perilaku Julid Fi Sabilillah Netizen Anti Israel di Media Sosial (Analisis Konten Pada Akun Brigade Hasan Bin Tsabit di Media Instagram)

Mahardika, Arulan Wahyu (2024) Perilaku Julid Fi Sabilillah Netizen Anti Israel di Media Sosial (Analisis Konten Pada Akun Brigade Hasan Bin Tsabit di Media Instagram). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-012-KPI-2024)
ARULAN WAHYU MAHARDIKA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Media sosial ini menjadi platform yang signifikan dalam memfasilitasi interaksi sosial, termasuk dalam konteks ekspresi berpendapat dan pandangan terhadap isu. Salah satu kelompok yang aktif dalam menyampaikan pandangan terhadap isu-isu kemanusiaan di media sosial adalah brigade Hasan Bin Tsabit. Mereka melakukan gerakan aktivisme yang dinamakan Julid Fi Sabilillah, kemunculan gerakan Julid Fi Sabilillah ini berawal dari kegelisahan atas banyaknya tindakan tentara IDF yang melakukan tindakan yang tidak manusiawi kepada warga Palestina. Keberadaan aksi tersebut menuai banyak tanggapan dan telah menarik perhatian banyak pihak.Fokus masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gerakan Brigade Hasan Bin Tsabit dalam menyuarakan sikap pada konten Julid Fi Sabilillah di media sosial Instagram. (2) Apa isi pesan Julid Fi Sabilillah Brigade Hasan Bin Tsabit yang ditampilkan di media sosial Instagram. Berdasarkan fokus penelitian yang penulis rumuskan, secara khusus penulisan ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk dan isi pesan Julid Fi Sabilillah yang ditampilkan di media sosial Instagram.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Karena penulis menganalisa sebuah konten yang terjadi di lapangan dengan cara mengumpulkan data-data yang diperoleh dari penulisan. Pendekatan yang dilakukan yaitu analisis konten. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan ini ialah observasi, dokumentasi, dan wawancara.Hasil yang ditemukan penulis yaitu terdapat beberapa bentuk konten Julid Fi Sabilillah yang ditampilkan di media Instagram, yaitu melawan narasi pro zionisme, edukasi dan menyebarkan berita Palestina, meningkatkan kesadaran aksi boikot. Kemudian untuk isi pesan Julid Fi Sabilillah yang ditampilkan diantaranya untuk meyakinkan, untuk informasi, dan untuk mengingatkan.

Kata kunci: Julid Fi Sabilillah, Instagram, Brigade Hasan Bin Tsabit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190205 Interactive Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Arulan Wahyu Mahardika
Date Deposited: 09 Jul 2024 07:20
Last Modified: 13 Aug 2024 01:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36248

Actions (login required)

View Item View Item