Penerapan self assessment dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Al-qodiri jember

Husen, Muhammad (2024) Penerapan self assessment dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Al-qodiri jember. Undergraduate thesis, UIN KIai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-158-PAI-2024)
husen WM.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kata kunci: Self-Assessment, Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
penerapan self assessment pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di
Madrasah Aliyah Al-Qodiri Patrang Kabupaten Jember, diketahui bahwa siswa secara
umumnya belum memahami makna belajar sebenarnya.
Adapun fokus pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana alternatif strategi
penerapan Self Assessment dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah
Aliyah Al-Qodiri Kecamatan Patrang Kabupaten Jember?. 2) Bagaimana prosedur
penerapan Self Assessment dalam mata pelajaran SKI di Madrasah Aliyah Al-Qodiri
Kecamatan Patrang Kabupaten Jember?. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui
alternatif strategi penerapan self assessment dalam Pembelajaran sejarah kebudayaan
islam di Madrasah Aliyah Al-Qodiri Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. 2)
Mengetahui prosedur penerapan self assessment dalam Pembelajaran sejarah kebudayaan
islam di Madrasah Aliyah Al-Qodiri Kecamatan Patrang Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field
researh. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1) Observasi, 2) Wawancara, dan 3)
Dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Milles,
Huberman, dan Saldana yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Pada uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan
triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1) a. Pelaksanaan pembelajaran sejarah
kebudayaan islam di Madraah Aliyah Al-qodiri Patrang terlaksana melalui perencanaan
yang dilaksanakan oleh guru sejarah kebudayaan islam di awal semester sudah sesuai
dengan perangkat pembelajaran, b. Proses pelaksanaan yaitu meliputi kegiatan awal, inti
kegiatan dan akhir kegiatan, c. Kemudian dilanjutkan dengan evaluasi pembelajaran yang
dilakukan enam ujian kelulusan bagi siswa-siswi, yang pertama penilaian tengah semseter
(PTS), lalu penilaian akhir semester (PAS), kemudian penilaian akhir tahun (PAT), yang
ke kelima penilaian harian (PH), selanjutnya penilaian sikap (PS), dan yang terakhir ujian
sekolah (US). Jadi didalam satu tahun mengadakan ujian enam kali pada setiap
pembelajaran yang ada termasuk pembelajaran sejarah kebudayaan islam yang ada di
Madrasah Aliyah Al-qodiri Jember. 2) penerapan self assessment dalam pembelajaran
sejarah kebudayaan islam di Madrasah Aliyah Al-qodiri Patrang berikut langkah langkah
guru dalam melaksanakan penerapan self assessment yang ada di Madrasah Aliyah Al�qodiri Jember, yaitu; berikut langkah-langkah yang dilakukan adalah a). Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan, b). Menyajikan informasi
yang tepat, c). Mengorganisasikan siswa kedalam kelompok belajar, d). Dan yang
terakhir evaluasi belajar sekaligus penutup.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Man Muhammad Husen
Date Deposited: 09 Jul 2024 07:38
Last Modified: 01 Aug 2024 07:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36250

Actions (login required)

View Item View Item