Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Adobe Flash CS6 pada Materi Relasi dan Fungsi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII

Bilkis, Raudhatul (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Adobe Flash CS6 pada Materi Relasi dan Fungsi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-037-TADRIS-MTK-2024)
T20177098_RAUDHATUL BILKIS.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK

Media pembelajaran merupakan salah satu alat penyampaian informasi dalam proses pembelajaran. Dengan adanya media pembelajaran diharapkan dapat menunjang keberhasilan siswa terhadap hasil belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis Adobe Flash CS6 pada materi relasi dan fungsi yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau biasa disebut research and development (R&D), dimana penelitian ini menggunakan menggunakan model pengembangan DDD-E, yaitu 1) Decide, 2) Design, 3) Develop, dan 4) Evaluate. Teknik pengumpula data yang digunakan berupa observasi, wawancara, angket, dan pre test dan post test. Subjek penelitian ini terdiri dari 6 siswa untuk skala kecl dan 30 siswa untuk skala besar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Adobe Flash CS6 dilakukan dengan empat tahap, yaitu: (1) Tahap decide, meliputi menetapkan tujuan pembelajaran, menentukan tema dan ruang lingkup multimedia, mengembangkan kemampuan bersyarat, dan menilai sumber daya. (2) Tahap design. Pada tahapan ini dilakukan pembuatan desain media meliputi membuat outline materi, flowchart dan storyboard. (3) Tahap develop, dalam tahapan ini dilakukan penggabungan komponen-komponen media seperti animasi, gambar dan audio hingga menjadi media yang siap diuji coba. Dan (4) Tahap evaluate. Tahap ini dilakukan uji validasi media yang dilakukan oleh dua validator ahli yang terdiri dari ahli media dengan skor penilaian 88% dan ahli materi dengan skor penilaian 86%. Selanjutnya diberi angket respon kepada siswa dan guru dengan nilai rata-rata persentase angket respon siswa skala kecil dengan skor 81,1%, sedangkan respon siswa pada skala besar diperoleh skor 88%, dan untuk respon guru diperoleh skor 88%.. Kemudian dilakukan uji coba skala kecil dan uji coba skala besar berupa soal pre test dan post test. Dengan diperoleh data skor N-Gain sebelum penggunaan media dan sesudah penggunaan media sebesar 0,61 dimana menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dan termasuk dalam kategori sedang. Dengan demikian media pembelajaran berbasis adobe flash CS6 dinyatakan valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Kata Kunci: Media Pembelajaran, Adobe Flash CS6, Hasil Belajar.
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0103 Numerical and Computational mathematics > 010399 Numerical and Computational Mathematics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: RAUDHATUL BILKIS
Date Deposited: 09 Jul 2024 08:07
Last Modified: 09 Jul 2024 08:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36257

Actions (login required)

View Item View Item