Analisis Gaya Komunikasi Pelatih Dengan Atlet Panahan Tradisional (Studi Kasus Pelatihan Olahraga Panahan Di Uin Khas Jember)

Zulfa, Indana (2024) Analisis Gaya Komunikasi Pelatih Dengan Atlet Panahan Tradisional (Studi Kasus Pelatihan Olahraga Panahan Di Uin Khas Jember). Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
Indana Zulfa D20171069.pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Indana Zulfa, 2024 : Analisis Gaya Komunikasi Pelatih Dengan Atlet Panahan Tradisional (Studi Kasus Pusat Pelatihan Olahraga Panahan di UIN KHAS Jember)

Kata Kunci : Atlet Panahan Tradisional, Gaya Komunikasi

Komunikasi memainkan peran Penting dalam kehidupan manusia, baik dalam konteks sehari-hari maupun dalam sektor seperti bisnis, politik, pendidikan, media, dan olahraga, dampaknya yang begitu kuat dapat merubah individu atau kelompok menjadi positf atau negatif. Gaya komunikasi pelatih kepada atlet akan mempengaruhi motivasi, pemahaman Teknik dan performa atlet shingga butuh butuh pemilihan yang tepat dan efektif dalam menggunakan gaya komunikasi.
Fokus pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Gaya Komunikasi Pelatih Kepada Atlet Panahan Tradional di UIN KHAS Jember? 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi Gaya Komunikasi Pelatih dengan Atlet Panahan Tradisional di UIN KHAS Jember?
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan Gaya Komunikasi Pelatih Kepada Atlet Panahan Tradional di UIN KHAS Jember 2) Mendeskripsikan Faktor-faktor yang mempengaruhi Gaya Komunikasi Pelatih dengan Atlet Panahan Tradisional di UIN KHAS Jember
Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Sementara untuk Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan meresuksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan tringulasi sumber dalam uji keabsahan data yang di peroleh
Hasil dari peneltiian ini yaitu: 1) gaya komunikasi yang gunakan Pelatih adalah komunikasi secara verbal dan nonverbal, dengan menggunakan gaya bahasa yang jelas, bersifat konstruktif dan motivative kepada para atlet panahan tradisional 2) Ada tiga faktor yang mempengaruhi gaya komunikasi antara pelatih dengan para atlet yaitu: Pertama, Konteks history yang mana Komunikasi akan mudah tersampaikan atau gampang untuk nyambung ketika orang yang sedang berkomunikasi memilik konteks history yang sama baik dari topik maupun latar belakang orang tersebut. Kedua, Bahasa yang mana hal tersebut berlaku juga dalam komunikasi antara pelatih dan atlet panahan tradisional karena pelatih akan memberikan arahan ataupun teguran ketika para atlet. Ketiga, Hubungan diamana hubungan antara pelatih dengan para atlet panahan yang dilatihnya, semakin lama komunikasi antara pelatih dengan atlet maka akan mudah dalam menyampaikan atau bertanya tentang suatu hal, dan bagi pelatih sendiri akan mudah ketika akan menyampaikan instruksi dan arahan dalam sesi latihan panahan tradisional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Indana Zulfa
Date Deposited: 09 Jul 2024 08:04
Last Modified: 09 Jul 2024 08:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36259

Actions (login required)

View Item View Item