Penerapan Metode An-Nashr Untuk Meningkatkan Kemampuan Menerjamah Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Kelas VII di MTs Bustanul Ulum Tahun Pelajaran 2022/2023

Ranis, Abdulloh ikin (2024) Penerapan Metode An-Nashr Untuk Meningkatkan Kemampuan Menerjamah Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Kelas VII di MTs Bustanul Ulum Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text (SK-139-PAI-2024)
ABDULLOH IKIN RANIS_T20171223.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Mata pelajaran Al-Qur‘an Hadits memiliki anggapan secara umum, bahwasanya Al�Qur‘an adalah salah satu mata pelajaran yang mudah dipahami oleh peserta didik,
sehingga tidak diragukan kembali terhadap pemahaman peserta didik terhadap mata
pelajaran Al-Qur‘an Hadits Adanya kekurangan berupa lemahnya akan menerjemahkan
ayat Al- Qur‘an merupakan salah satu indikasi kurangnyanya penguasaan bahkan
pemahaman terhadap materi pelajaran secara keseluruhan dan menunjukkan kurangnya
partisipasi peserta didik sehingga berdampak pada kemampuan menerjemahkan ayat Al�Qur‘an. Temuan masalah tersebut ditemukan di kelas VII MTs Bustanul Ulum. Oleh
karena itu memiliki ketertarikan guna mengadakan penilitian tentang ―Penerapan
Metode An-Nashr Untuk Meningkatkan Kemampuan Menerjemah Peserta Didik Pada
Mata Pelajaran Al-Qur‘an Hadits Kelas VII Di MTS Bustanul Ulum Tahun Pelajaran
2022/2023.‖
Tujuan dari penelitian ini yaitu, 1) Untuk mengetahui apakah penerapan metode
An-Nashr dapat meningkatkan kemampuan menerjemah peserta didik pada mata
pelajaran Al-Qur‘an Hadits kelas VII di MTS Bustanul Ulum tahun pelajaran
2022/2023
Jenis penelitian yang digunakan yaitu Pendekatan yang digunakan pada
penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan menggunakan desain penelitian
tindakan kelas. Sedangkan jenis penelitian kolaboratif yaitu partisipasi antara guru,
peserta didik dan mungkin asisten atau teknisi yang terkait membantu proses
pembelajaran. Adapun prosedur yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas
(PTK), yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumulan
data yang digunakan adalah observasi, pengukuran tes hasil belajar, wawancara, dan
dokumentasi.
Hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan oleh peneliti tentang
penerapan metode An Nashr untuk meningkatkan kemampuan menerjemah peserta
didik pada mata pelajran Al-Qur‘an dan Hadits menunjukkan bahwa hasil metode An
Nashr untuk meningkatkan kemampuan menerjemah peserta didik pada mata pelajran
Al-Qur‘an dan Hadits kelas VII di MTs Bustanul Ulum tahun pelajaran 2022/2023
dapat meningkatkan kemampuan menerjemah peserta didik pada mata pelajaran Al�Qur‘an dan Hadits kelas VII di MTs Bustanul Ulum tahun pelajaran 2022/2023. Hal
tersebut didasarkan pada meningkatnya skor rata-rata peserta didik dalam observasi
yang dilakukan oleh peneliti. Rinciannya adalah pada tahap pre-test skor rata-rata
peserta didik hanya mencapai pada angka 65, sedangkan setelah dilaksanakan tindakan
bebrapa siklus ole peneliti skor rata-rata peserta didik meningkat secara signifikan. Pada
tindakan siklus I skor rata-rata peserta didik mencapai 75, pada siklus II mengalami
peningkatan menjadi 80, dan pada siklus III skor peserta didik dapat mencapai sampai
angka 90.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Pd Abdulloh Ikin Ranis
Date Deposited: 09 Jul 2024 07:46
Last Modified: 15 Jul 2024 08:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36262

Actions (login required)

View Item View Item