Hubungan Kontrol Emosi Dengan Stres Mahasiswa Program Studi Psikologi Islam Dalam Menyusun Skripsi Di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Rahmatillah, Faudhia (2024) Hubungan Kontrol Emosi Dengan Stres Mahasiswa Program Studi Psikologi Islam Dalam Menyusun Skripsi Di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
Faudhia Rahmatillah_D20185068.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (14MB)

Abstract

Mahasiswa biasanya mengalami masalah ketika menyusun skripsi yang dapat menghambat penyelesaian skripsinya serta dapat mengakibatkan stres pada mahasiswa. Maka dari itu, diperlukan kemampuan kontrol emosi yang baik karena mahasiswa yang memiliki kontrol emosi yang baik dapat mengontrol stres serta dapat mempermudah mahasiswa dalam menjalani kehidupan sehari-hari terutama dalam menyusun skripsi. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan kontrol emosi dengan stres mahasiswa Program Studi Psikologi Islam dalam menyusun skripsi di UIN KHAS Jember. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kontrol emosi dengan stres mahasiswa Program Studi Psikologi Islam dalam menyusun skripsi di UIN KHAS Jember. Pendekatan kuantitatif metode korelasional digunakan dengan populasi 125 mahasiswa dan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 95 mahasiswa aktif semester 8 sampai 12 Prodi Psikologi Islam yang sedang menyusun skripsi. Berdasarkan hasil uji hipotesis Pearson Correlation didapatkan nilai sig (2-tailed) 0,028 < 0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kontrol emosi dengan stres pada mahasiswa Program Studi Psikologi Islam dalam menyusun skripsi di UIN KHAS Jember, serta terdapat faktor lain yang lebih dapat memengaruhi stres pada mahasiswa dalam menyusun skripsi, yaitu motivasi, prokrastinasi, dan dukungan sosial teman sebaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi Islam
Depositing User: Faudhia Rahmatillah Rahmatillah
Date Deposited: 09 Jul 2024 08:33
Last Modified: 09 Jul 2024 08:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36266

Actions (login required)

View Item View Item