Implementasi Pendekatan melalui Teori Taksonomi Bloom dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas XI di SMKN 1 Glagah Banyuwangi

Miladi Achmad, Riyan (2024) Implementasi Pendekatan melalui Teori Taksonomi Bloom dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas XI di SMKN 1 Glagah Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ryan_Revisi Skripsi Sidang (BENDEL)-1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Riyan Miladi Achmad, 2024: Implementasi Pendekatan melalui Teori Taksonomi Bloom dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas XI Di SMKN 1 Glagah Banyuwangi.
Kata kunci : Pembelajaran, Karakter Religius, Pendidikan Agama Islam.
Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat menuntut setiap individu untuk mampu berkecimbuk di dalamnya, begitupula dewasa ini banyak dijumpai peserta didik yang nilai akademis agamanya baik akan tetapi dalam segi pengimplementasiannya masih kurang. Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang mampu memadukan antara keduanya, yaitu perkembangan teknologi informasi dan pemahaman agama, salah satu sekolah yang menerapkannya adalah SMKN 1 Glagah Banyuwangi.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana mendeskripsikan implementasi Taksonomi Bloom aspek kognitif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk membentuk karakter religius siswa kelas XI di SMKN 1 Glagah Banyuwangi?. 2) Bagaimana mendeskripsikan implementasi Taksonomi Bloom aspek afektif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk membentuk karakter religius siswa kelas XI di SMKN 1 Glagah Banyuwangi?. 3) Bagaimana mendeskripsikan implementasi Taksonomi Bloom aspek psikomotorik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk membentuk karakter religius siswa kelas XI di SMKN 1 Glagah Banyuwangi?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan implementasi Taksonomi Bloom aspek kognitif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk membentuk karakter religius siswa kelas XI di SMKN 1 Glagah Banyuwangi. 2) Untuk mendeskripsikan implementasi Taksonomi Bloom aspek afektif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk membentuk karakter religius siswa kelas XI di SMKN 1 Glagah Banyuwangi. 3) Untuk mendeskripsikan implementasi Taksonomi Bloom aspek psikomotorik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk membentuk karakter religius siswa kelas XI di SMKN 1 Glagah Banyuwangi. Permasalahan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian penelitian lapangan (field research) menggunakan tekhnik pengumpulan data: 1) Observasi 2) Wawancara, dan 3) Dokumentasi. Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan dua jenis triangulasi yaitu: 1) Triangulasi sumber, dan 2) Triangulasi tekhnik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Milles dan Huberman.
Penelitian ini memperoleh hasil bahwa dalam proses Implementasi Taksonomi Bloom dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan karakter religius siswa di SMKN 1 Glagah, dalam domain kognitif di SMKN 1 Glagah menerapkan materi PAI kedalam beberapa tingkatan mulai dari materi rendah, sedang dan tinggi, Kemudian guna meningkatkan daya ingat berpikir peserta didik setiap pembelajaran diadakan pre test materi sebelumnya. Dalam domain Afektif pembelajaran PAI di SMKN 1 Glagah diterapkan prinsip Suri Tauladan oleh pendidik kepada peserta didik, Adanya progam unggulan yaitu progam one day one juz, dan juga adanya penekanan pada peraturan sehingga akan ada punishman apabila melanggar. Yang terakhir dalam taksonomi bloom adalah domain Psikomotorik dilakukan proses pembelajaran yang lebih menekankan pada praktik materi pembelajaran, baik dilingkungan sekolah maupun dilingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Riyan Miladi Achmad
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:30
Last Modified: 10 Jul 2024 03:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36283

Actions (login required)

View Item View Item